BANDARA—PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta menyatakan kesiapannya menghadapi arus angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021. Untuk memastikan kelancaran tersebut, AP II berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan.
“Kami berkoordinasi erat dengan maskapai dalam mengantisipasi kelancaran angkutan Natal dan Tahun Baru. PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara memastikan tiga hal bagi maskapai untuk mengantisipasi apabila ada kebutuhan tambahan saat angkutan Nataru,”kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, kemarin.
Tiga hal itu adalah memastikan ketersediaan slot time penerbangan bagi maskapai, memastikan maskapai mendapat alokasi penerbangan tambahan dan memastikan adanya perpanjangan jam operasional di bandara AP II jika diperlukan.
Adapun tiga hal tersebut merupakan rangkaian guna mengakomodir apabila ada kebutuhan tambahan penerbangan pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru. “Slot time, extra flight dan perpanjangan jam operasional bandara dapat mengakomodir kebutuhan saat angkutan Nataru,” ujarnya.
“Perpanjangan jam operasional bandara juga dapat membagi penerbangan agar tidak terkonsentrasi di jam-jam tertentu sehingga physical distancing di bandara tetap terjaga,” ungkap Awaluddin.
Adapun monitoring lalu lintas penerbangan dan kesiapsiagaan di bandara, PT Angkasa Pura II sejalan dengan Natal dan Tahun Baru ini dilakukan pada 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Sejalan dengan hal ini, Posko Nataru diaktifkan di 19 bandara guna meningkatkan 3C (Coordination, Communication, Collaboration) di antara para stakeholder bandara.
Antara lain, Angkasa Pura II selaku operator bandara, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), maskapai, TNI/Polri, yang juga berada di dalam koordinasi Satgas Udara Percepatan Penanganan Covid-19.
Seiring dengan masa Angkutan Nataru 2020/2021, PT Angkasa Pura II juga fokus memastikan kesiapan dan kesigapan sumber daya manusia (people), prosedur dan protokol di bandara (process) dan fasilitas utama serta pendukung (facilities).
“Dari aspek People, PT Angkasa Pura II memastikan kecukupan personel operasional dan pelayanan guna memastikan penerapan aspek proses seperti protokol kesehatan dan prosedur operasional penerbangan,” ujar Awaluddin.
0 comments:
Post a Comment