Tuesday 30 May 2023

Bisakah Mahasiswa Menjadi Agen Of Change Dalam Pemilu?

 


Tahukah? Bahwa mahasiswa mempunyai peran dan fungsi penting dalam masyarakat. Menjadi mahasiswa memiliki peran yang mulia. Tidak hanya belajar di kampus saja, mahasiswa juga memiliki peran dan  fungsi penting dalam kemajuan bngsa dan negara. Dalam peran dan fungsi mahasiswa dalam masyarakat di antaranya adalah Agent Of Chaange, sebagai kekuatan moral, serta sebagai pengontrol kehidupan sosial. Mahasiswa merupakan generasi penerus yang kelak mampu memberikan harapan serta membawa perubahan bagi masyarakat negara indonesia untuk bisa bersaing dengan negara-negara di dunia.

Mahasiswa itu sendiri mampu untuk mengontrol keadaan negara, bukan hanya sekedar untuk mengkritik, tetapi juga memberikan kontribusi yang baik untuk perubahan yang lebih baik lagi.Mahasiswa harus berani menyampaikan kebenaran tanpa menutup-nutupi kebohongan-kebohongan sehingga semua harapan rakyat dan juga janji manis para politikus yang selalu berkoar dengan dalihnya demi mensejahterakan atas nama masyarakat bisa terealisasikan, bukan hanya sekedar omong kosong saja. Namun, itu semua hanya akan menjadi identitas yang kosong tanpa makna jika mahasiswa tidak mampu memberikan perubahan yang relevan bagi masyarakat dan negara.

Menurut Wahyudi Kurniawan, S.H., M.H.Li, C.Me, Mahasiswa sebagai Agen perubahan, Agen pengawasan merupakan kalangan intelektual yang memiliki idealisme, semangat dan komitmen yang tinggi. Sebagai Agen perubahan mahasiswa harus mengambil langkah-langkah positif untuk perbaikan bangsa ini ke depannya. Peran mahasiswa dalam melakukan Agen perubahan ada dua (2) yaitu yang pertama mahasiswa sebaiknya bekerja sama dalam setiap proses pembangunan politik termasuk bekerja sama dalam pemilu, kedua sebagai jiwa yang kritis mahasiswa harus aktif melakukan pengaruh dan pengawasan terhadap setiap proses politik yang berlangsung. Untuk memeriksa angka golput yang semakin banyak, maka mahasiswa di himbau untuk ikut serta  sebagai bagian dari penyelenggara maupun pemantau pemilu atau pemilihan.

Selain menjadi Agen Perubahan mahasiswa dalam mengawasi pemilu juga harus menjalankan perannya sebagai Iron stock, guardian of value, moral vorce dan social control. Di awal kemerdekaan mahasiswa menjadi penggerak perubahan (Agent of change) yang semula negara indonesia menjadi negara jajahan banyak negara hingga menjadi negara merdeka hingga saat ini, dan pada masa awal  kemerdakaan dan orde baru menjadi social control bagi pemerintah yang tidak mempunyai kejelasan dan tidak adil dalam memegang amanah masyarakat. Untuk itu mahasiswa sebagai generasi muda harus melakukan Agent of change dan social control yang bik dan berkualitas.

Peran mahasiswa sebagai Agent of change dan social control adalah perubahan menuju ke arah yang lebih baik dan akan memberikan manfaat serta menjadi pengontrol untuk dirinya sendiri, orang tua, teman-teman, orang-orang di sekitarnya dan untuk negara. Manfaat dari menjadi Agent of Change adalah menjadi kualitas diri semakin baik yaitu dengan rasa bersyukur, baik kualitas keimanan maupun hubungan sosial. Jadi kita sebagai mahasiswa yang melakukan Agen perubahan untuk dirinya terlebih dahulu baru terhadap hal yang lain, karena suatu perubahan itu  tidak akan muncul seelum kita sendiri yang melakukannya. Karena dasar dari itu semua yang ada di dunia ini adalah manusia itu sendiri misalnya kecanggihan teknologi, itu dihasilkan dari potensi dasar yang telah diberikan oleh sang pencipta yaitu berupa akal dan otak yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Sedangkan sebagai social control adalah mahasiswa harus terbuka terhadap apa saja yang terjadi dalam dirinya terlebih lagi terhadap penyimpangan dan harus segera melakukan perbaikan diri. Sedangkan untuk kedua orang tua, teman-teman, dan orang-orang sekitar mahasiswa harus menjadi agen perubahan (Agent ff Change) yang lebih tinggi tingkatannya dari penjelasan yang tadi, jadi mahasiswa itu selain harus memberikan manfaat untuk diri sendiri ia harus memberikan manfaat kepada orang-orang yang ada disekitarnya juga. Dan tentunya hal tersebut tidak bisa kita lepaskan dari rasa kebersyukuran. Mengapa? Karena rasa kebersyukuran akan menghindari kita dari masalah sosial ataupun kesenjangan sosial yang akan merusak hubungan antar sesama seperti dan pastinya jika tidak ada hubungan baik maka tidak akan ada saling memberikan manfaat.

Dalam Pemilu  mahasiswa menjadi mata dan telinga masyarakat. Mahasiswa dan media kampus berperan sebagai tumpuan masyarakat, agar tidak salah dalam mendapatkan informasi. Hal tersebut seimbang dengan salah satu cara untuk menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan. Mahasiswa jug dapat dengan gigih menjauhkan dirinya dari money politics ataupun black campaign lainnya. Terdapat dua hal yang bisa dilakukn mahasiswa dalam melaksanakan pemilu yaitu yang pertama jik mahasiswa sebagai pemilih maka pastikan menggunkan hak pilihnya dengan baik dan menjaga nilai demokrasi yang ada. Kemudian yang kedua, ketika mahasiswa tergabung sebagai relawan bagian dari penyelenggaraan KPU, Maka mahasiswa haruslah memastikan masyarakat sekitarnya jugaa turut menjalankan asas-asas demokrasi. mahasiswa memiliki peran aktif untuk menciptakan Pemilu yang damai dan memiliki tenggang rasa. Mahasiswa sebagai pemilih haruslah menyalurkan suaranya sebagai salah satu bentuk apresiasi demokrasi Jika dirasa perlu menyampaikan kritik, maka sampaikanlah kritik tersebut dengan cara yang baik dan di waktu yang baik sehingga tidak menimbulkan provokasi.

Pada dasarnya mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok. Pertama ialah mahasiswa yang tidak peduli dengan Pemilihan umum, mereka bahkan tidak pernah peduli siapa yang mencalonkan diri. Latar belakangnya bagaimana, visi misinya seperti apa dan kinerjanya bagaimana. Mereka tidak peduli, inilah mahasiswa apatis yang bakal menjadi golongan putih. Kedua ialah mahasiswa yang paham tentang politik dan peduli dengan Pemilihan Umum tetapi memilih diam. Tidak menunjukak keberpihakannya pada salah satu calon. Ketiga ialah mahasiswa yang paham akan politik dan mereka vokal dalam mengunggulkan salah satu calon. Bahkan mereka terang-terangan berkampanye di dalam Kampus. Hal ini perlu diperhatikan oleh pemerintah, karena tidak seharusnya suatu institusi pendidikan dijadikan ladang politik bagi mereka yang punya kepentingan.

Sebagai mahasiswa seharusnya kita dapat memposisikan diri kita dalam menghadapi situasi yang seperti ini dan memberi yang terbaik bagi masyarakat. Sesuai jargon mahasiswa “Hidup Mahasiswa! Hidup rakyat Indonesia!”. Pola pikir yang kritis dan dengan paradigma yang baik harus bisa dikedepankan oleh seorang mahasiswa, sebagai pengawal demokrasi kita sebagai mahasiswa harus dapat bersikap netral tidak condong terhadap salah satu calon tetapi juga tidak bersikap acuh tak acuh terhadap Pemilihan Umum. Mahasiswa sebagai kelompok Intelektual harus memandang momentum Pemilihan Umum sebagai hal penting yang berbeda dari momen-momen sebelumnya. Setiap mahasiswa Indonesia tentu bebas dalam menentukan pilihannya, tetapi apa pun sikap politik yang kita ambil haruslah rasional dan dapat dipertanggung jawabkan.

Oleh : Puji Aroh Widowati

Mahasiswa Hukum Tata Negara

 

Share:

0 comments:

Post a Comment

DISPORA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

DISPORA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

www.kontakbanten.co.id

www.kontakbanten.co.id

Segenap Crew PT Kontak Media Persada

Segenap Crew PT  Kontak Media Persada

SEKRETARIAT DPRD PROVINSI BANTEN

SEKRETARIAT DPRD PROVINSI BANTEN

Selamat Hari Pers 2024

Selamat Hari Pers 2024

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

PERTAMINA 2024

PERTAMINA 2024

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

SELAMAT HUT KORPRI 2023

SELAMAT HUT KORPRI 2023

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

PEMERINTAH BANYUWANGI

PEMERINTAH BANYUWANGI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2024

RESOLUSI TAHUN 2024

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

PEMERINTAH SUBANG JABAR

PEMERINTAH SUBANG JABAR

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support