Monday 6 May 2024

Gunung Ruang Erupsi, Wapres Imbau Masyarakat Ikuti Petunjuk Pemerintah

 


 JAKARTA ( KONTAK BANTEN)  Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara mengikuti petunjuk tim penyelamat. Sehingg proses mitigasi bencana dapat berjalan baik menyusul erupsi Gunung Ruang.

Diketahui, Gunung Ruang mengalami erupsi yang kemudian dinaikkan statusnya menjadi level IV (awas) dari sebelumnya level III (waspada). "Saya minta kepada masyarakat untuk mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah,” kata Wapres  usai acara Silaturahmi Idul Fitri 1445 H Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten dan Peluncuran Batik Motif Tanara di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten, dikutip Minggu (5/5/2024). 

Wapres memastikan, proses penyelamatan akan mengutamakan keselamatan agar tidak menimbulkan korban. Utamanya, di kalangan masyarakat di sekitar maupun tim penyelamat.

 “Pemerintah akan melihat, ketika memang sudah harus dievakuasi bahkan harus direlokasi, berarti ada sesuatu yang harus diselamatkan. Jangan sampai ada korban,” kata Wapres, menekankan.

Hal ini, lanjut Wapres, sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk mengutamakan keselamatan warga. "Presiden sudah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk juga menyiapkan lahan untuk relokasi," ujar Wapres.

"Hal ini karena relokasi itu merupakan yang terbaik, sehingga pemerintah pasti akan mengambil langkah itu. Kalau bahayanya tidak terlalu besar, mungkin tidak perlu direlokasi,”.

Namun, kata Wapres, jika sudah dalam tingkat bahaya, maka evakuasi saja tidak cukup sehingga diperlukan relokasi. "Karena, itu sebaiknya masyarakat mengikuti petunjuk dengan sukarela," ucapnya.

No comments:

Post a Comment