Tuesday, 16 July 2019

Pentingnya Kekompakan di Dalam Tim Media Sosial Sebuah Bisnis


Kekompakan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam membangun tim #media sosial yang sukses. Bermodal kekompakan dan kebersamaan yang solider, maka kesamaan visi dan misi dalam mengembangkan dan mempopulerkan suatu brand bisnis bisa lebih mudah dicapai. Dalam sebuah buku bertajuk “Tweet Naked” seorang online marketer dan CEO sebuah social media firm bernama Scott Levy memaparkan informasi penting bahwa setiap pebisnis harus menyusun strategi media sosial  yang akan membantu meningkatkan popularitas brand dan bisnis. Dalam buku tersebut, Scott juga menjelaskan karakteristik orang yang tepat untuk bekerja di dalam media sosial  team.
Sebuah social media team bisa saja terdiri dari satu orang pekerja untuk sebuah bisnis kecil yang baru mulai dirintis. Dan mungkin juga sebuah tim media sosial  yang terdiri dari puluhan hingga ratusan orang yang memiliki suatu tujuan yang sama yakni meningkatkan dan menjaga popularitas sebuah brand bisnis agar tetap stabil. Management untuk mengelola sebuah tim media sosial juga harus disesuaikan dengan pengalaman masing-masing individu dalam team, jumlah orang yang bergabung dalam team serta seberapa besar popularitas yang ditargetkan oleh bisnis tersebut.
Dengan pertimbangan tersebut, maka pebisnis harus memilih orang-orang yang tepat dan memiliki passion di bidang media sosial  dan branding untuk kemudian diberikan training dan motivasi untuk menyamakan visi dan misi. Tim media social idaman tersebut harus memiliki beberapa poin penting berikut ini:
Anggota Team Harus Memiliki “Kecerdasan Media Sosial ”
Pebisnis tentu membutuhkan anggota team yang mahir menggunakan banyak jenis media sosial . Dan di era yang serba canggih dan modern ini, bisa saja semua orang mengaku sebagai expert hanya karena merasa menghabiskan banyak waktu untuk menelusuri timeline #Facebook atau #Twitter.
Tes sederhana yang untuk mengetahui apakah seseorang memang memiliki kecerdasan dan pengetahuan lebih di bidang media sosial  adalah dengan menanyakan mengenai perkembangan atau penambahan fitur terbaru pada sebuah media sosial. Jawaban yang cerdas dan up to date tentu menggambarkan bagaimana pengetahuan seseorang terhadap dunia media sosial.
Anggota Team Memiliki Product Knowledge yang Baik
Pastikan bahwa seluruh anggota media sosial  team memiliki pengetahuan yang baik terhadap produk dan brand bisnis yang diusung. Jangan sampai team memberikan jawaban yang salah atau bahkan tidak memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan follower di media sosial. Hal tersebut malah dapat memperburuk citra dari brand bisnis yang dipromosikan.
The Right People in the Right Positions
Anggota team yang sabar, suka berkomunikasi dengan orang lain, mampu bersikap tenang dan tidak gampang panik dalam merespon adalah orang yang tepat untuk di tempatkan di bagian customer service online dalam social media team. Sedangkan anggota tim yang tidak terlalu senang bergaul dan memiliki keahlian desain yang baik tentunya akan lebih cocok untuk ditempatkan sebagai ahli desain yang dapat membuat logo brand dan mempercantik halaman media sosial. Menempatkan anggota di tempat yang tepat juga merupakan salah kunci membentuk team kerja yang baik.
Tempatkan Anggota Tim yang Tepat Pada Media Sosial  yang Berbeda
Setiap media sosial juga membutuhkan pengoperasian yang karakteristiknya berbeda-beda. Sebagai contoh, komentar di Twitter membutuhkan anggota team yang dapat merespon pertanyaan secara cepat, sopan dan tepat.
Sedangkan respon yang dibutuhkan di Facebook mungkin bisa sedikit lebih lambat dan lebih membutuhkan “riset kecil” sebagai bentuk validitas jawaban. Untuk anggota team yang lebih tertarik dengan sesuatu yang berbau audio visual, dapat ditempatkan di media sosial  lain misalnya #Youtube dan #Instagram.
Adanya Interaksi dan Konsistensi
Biasanya sebuah brand bisnis menggunakan beberapa jenis media sosial  untuk memperkenalkan produknya. Respon yang diberikan media sosial  tim harus sama dan seragam di semua media sosial . Jangan sampai follower mendapatkan jawaban yang berbeda ketika bertanya di beberapa media sosial  yang berbeda. Hal ini dapat menimbulkan keraguan dan kurangnya rasa percaya terhadap brand bisnis Anda.
Berpikir Secara “out of the box”, tapi Tetap Terkendali
Merespon setiap pertanyaan via media sosial  dengan beragam jawaban kaku yang sudah disediakan di skrip memang bukanlah hal yang baik. Gunakanlah gaya bahasa yang santai, akrab, sopan namun tetap menjawab esensi dari pertanyaan tersebut. Dengan begitu maka follower akan merasa excited dan memiliki komunikasi yang interaktif dengan suatu brand bisnis.
Kekompakan Anggota Tim untuk Membantu Satu Sama Lain
Daripada meng-hire tenaga kerja baru yang berarti menambah biaya dan harus dibimbing dari awal, lebih baik tanamkan rasa kekompakan dan kerja sama dalam social media team. Sehingga antara anggota satu dan yang lain kompak dan mengetahui tugas masing-masing anggota.
Suatu saat, anggota yang satu dapat menggantikan tugas dari anggota yang lain ketika sedang berhalangan. Kekompakan tersebut juga sedikit banyak mempengaruhi kesamaan gaya bahasa dan gaya respon dalam sebuah tim media sosial.
Kekompakan Antara Pebisnis dan Tim Media Sosial
Sebagai seorang pemilik brand bisnis, anda tentu paham benar bagaimana caranya merespon pertanyaan atau keinginan dari follower dan pelanggan secara baik. Biarkan hal ini diketahui dan dipahami oleh orang-orang yang anda pekerjakan, termasuk media sosial  team. Dengan demikian mereka akan tahu bagaimana sikap yang baik untuk menanggapi respon dari follower.
Perhatian dan Rasa Antusias
Perhatian dan rasa antusias perlu ditanamkan kepada tim media sosial agar mereka sungguh-sungguh berdedikasi dan bisa menciptakan relasi yang baik dengan fans/follower dan pelanggan. Sebagai pemilik bisnis, kita pun perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan atau keinginan anggota tim media sosial.
Sesekali traktiran dan acara karaoke bareng mungkin akan membuat team semakin kompak dan loyal terhadap bisnis Anda. Kepuasan tim akan menjadi ujung tombak untuk menarik lebih banyak followers dan pelanggan.
Di atas tadi sekelumit informasi mengenai bagaimana membangun dan memanage sebuah tim media sosial yang solid dan mampu memberikan hasil kerja yang optimal. Sekarang tinggal bagaimana seorang leader sebagai otak usaha menjalankan langkah-langkah tersebut.
Share:

0 comments:

Post a Comment

DPRD Provinsi Banten Selamat Idul Adha 1446 H

DPRD Provinsi Banten Selamat Idul Adha 1446 H

BERBUAT BAIKLAH SESUNGUHNYA UNTUK DIRI KITA

BERBUAT BAIKLAH SESUNGUHNYA UNTUK DIRI KITA

DINAS PENDIKAN BANTEN SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

DINAS PENDIKAN BANTEN SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Silakan Klik Kerja sama Publikasi

MOTO KAMI


Cermat Cerdas Tepat Dalam Informasi Menjadi Media Inpendent Berita Tanpa Intervensi

Unsur Pimpinan DPR RI 2024 2029

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA 2025

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA 2025

PT KONTAK MEDIA PERSADA GROUP KLIK

Aku Tahu Apa Yang Kau Suka ?

Aku Tahu Apa Yang Kau Suka ?

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

BUMN PEDULI BANGSA

BUMN PEDULI BANGSA

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

IBU KOTA NUSANTARA

IBU KOTA NUSANTARA

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

INFO CPNS DAN PPPK 2025 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

BERGERAK DAN BERGERAK

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support