JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri meraih
penghargaan sebagai Top 30 instansi pengelola pengaduan pelayanan
terbaik di ajang Kompetisi SP4N-LAPOR! Penghargaan ini diberikan
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada
lembaga atau instansi yang dinilai terbaik dalam mengelola setiap
pengaduan yang dilaporkan kepada instansi bersangkutan.
Menurut Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar,
penghargaan ini menjadi sangat istimewa bagi kementeriannya. Sebab ini,
untuk pertama kalinya kementeriannya masuk dalam top 30 instansi
pengelola pengaduan pelayanan terbaik. “Ini pertama kalinya kami top 30
instansi pengelola pengaduan pelayanan terbaik yang diberikan oleh
Kemenpan RB,” kata Bahtiar di Jakarta, Selasa (10/12).
Bahtiar menambahkan, penghargaan Top 30 instansi ini diberikan kepada
instansi yang ditetapkan sebagai pemenang kompetisi SP4N-LAPOR! Tahun
2019. Kompetisi itu sendiri untuk tahun ini diikuti oleh 312 instansi.”
Pesertanya adalah kementerian, lembaga, pemda, perguruan tinggi negeri,
BUMN, dan BUMD,” katanya.
Kata Bahtiar, penghargaan yang diterima kementeriannya di bidang
pengelolaan pengaduan adalah bentuk nyata dari komitmen instansinya
untuk memastikan setiap pengaduan terlayani dengan baik. Dari awal,
memang didorong agar setiap laporan yang ada direspon dengan baik.
Bahkan mesti ditindak lanjuti. “Kami ingin memastikan setiap pengaduan
tertangani dengan baik,” ujarnya.
Terkait Kompetisi SP4NLAPOR! itu sendiri, menurut Bahtiar adalah
ajang yang digelar setiap tahun. Ini kompetensi rutin yang
diselenggarakan oleh Kemenpan RB. Tujuan digelarnya kompetisi di bidang
pengelolaan pengaduan ini adalah untuk membangun komitmen instansi
pemerintah dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui
penerapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional
(SP4N-LAPOR!). Tujuan lainnya adalah mendorong peningkatan pelayanan
publik dalam membangun pengelolaan pengaduan yang partisipatif.
“Dan dapat dimanfaatkan sebagai upaya perbaikan yang berkelanjutan.
Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi Kemendagri untuk
terus memberikan pelayanan publik termasuk pelayanan pengelolaan
pengaduan terbaik kepada masyarakat,” ujar Plt Direktur Jenderal Politik
dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri ini.
Tidak lupa, Bahtiar mengucapkan terima kasih kepada jajarannya yang
bertugas di bagian Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi (FPPI)
maupun pusat penerangan dan komponen lainnya.
Tanpa kerja sama yang baik, tentunya penghargaan itu tak akan
didapatkan. Apa yang diraih sekarang adalah buah dari dedikasi dan
kerjasama semua pihak terkait. “Penghargaan ini tentu akan semakin
memotivasi kita untuk bekerja lebih giat lagi agar pelayanan publik
semakin optimal,” katanya.
0 comments:
Post a Comment