Rabu, 15 Desember 2021

Kemendagri Lepas Tim Pendampingan Pemerintahan Pantau Bencana Semeru

 

Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) melepas Tim Pendamping Pemerintah Daerah dan Pemantauan Bencana Erupsi Gunung Semeru ke wilayah Kabupaten Lumajang. Acara berlangsung di halaman Gedung A Kementerian Dalam Negeri. Acara pelepasan ini dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) melepas Tim Pendamping Pemerintah Daerah dan Pemantauan Bencana Erupsi Gunung Semeru ke wilayah Kabupaten Lumajang. Acara berlangsung di halaman Gedung A Kementerian Dalam Negeri. Acara pelepasan ini dipimpin langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Tim Kemendagri yang dikoordinir oleh Direkotat Jendral Bina Administrasi kewilayahan yang sebelumnya telah mengirimkan 2 Tim ke lapangan pada tanggal 7 hingga 10 dan 9 hingga 12 Desember 2021 dan dilanjutkan tim ke 3 pada tangal 15 hingga 17 Desember dengan jumlah personil 10 Orang dengan Jamembawa 3 unit kendaraan, yaitu 1 unit truk 3/4 dan 2 unit kendaraan double kabin.

“Hari ini mengirim tim sebanyak 10 orang dengan bantuan-bantuan sebagaimana saya laporkan kepada bapak menteri dalam negeri, dan langsung berangkat pagi ini, termasuk membawa alat mobilitas berupa 2 buat kendaraan bermotor serta membawa 1 unit alat kebersihan” ujar Safrizal.

Tim yang diberangkatkan kemendagri bertugas melakukan koordinasi dan pendataan agar pelayanan pemerintahan tingkat kabupaten dan kecamatan yang terdampak dapat tetap berjalan optimal, menginventarisasi kebijakan dan langkah-langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam penanganan bencana erupsi Gunung Semeru serta akan memfasilitasi kabupaten lumajang dalam tahap rekonstruksi pasca erupsi sekaligus memfasilitasi pemerintah daerah yang lain di seluruh indonesia yang ingin membantu pemerintahan lumajang untuk penanganan erupsi.

Safrizan mengatakan tim Kemendagri ini memfasilitasi Kabupaten Lumajang dalam rangka menjalankan tugas-tugas rehab rekon pasca erupsi ini berjalan dengan lancar, dan membutuhkan fasilitas dari kemendagri serta memfasilitasi pemerintah daerah yang lain dalam membantu kabupaten lumajang dalam penanganan erupsi, itu fungsi utama.

Adapun bantuan kemanusiaan dari kemendagri berupa 300 pcs perlengkapan tidur, 600 pcs perlengkapan ibadah, 3 dus perlengkapan mandi, 900 pcs perlengkapan makan, 15 dus perlengkapan bayi, 42 dus makanan dan minuman, 7 dus pakaian, 4 dus perlengkapan wanita, 8.400 masker kain untuk diserahkan kepada Posko Bencana Pemerintah Untuk diserahkan kepada Posko Bencana Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat korban bencana.

Sesampainya di lokasi, Safrizal mengimbau, agar tim segera melaporkan kehadirannya dan berkoordinasi dengan pimpinan daerah setempat. Selanjutnya, tim memantau jalannya kebijakan pemerintah baik yang diterapkan Provinsi Jawa Timur maupun Kabupaten Lumajang dalam merespons bencana erupsi gunung Semeru.

“Kami menugaskan agar tim segera melakukan analisa situasi dan melaporkan perkembangan yang terjadi secara berkala, sehingga pimpinan Kemendagri dapat mengambil keputusan yang diperlukan,” ujar Safrizal.

Berdasarkan hasil pemantauan telah dilakukan upaya-upaya pemberian pelayanan lainnya meliputi layanan bidang kesehatan, pendidikan, keamanan, pertanian, pencarian dan penyelamatan, dan logistik. Nantinya Kemendagri akan kembali mengirimkan tim hingga kondisi kabupaten lumajang dapat menangani erupsi secara mandiri.

“Kemudian nanti kami akan mengirimkan tim lagi sampai kondisi di sana kabupaten lumajang telah dinyatakan mampu untuk menangani erupsi secara mandiri, sepanjang masih dibutuhkan fasilitasi dan bantuan maka tim kita akan tetap berada di sana, nanti akan bergantian dalam menjalankan tugas,” ujarnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

Pemanasan Global 2022

Pemanasan Global 2022

Bergerak Bekerja Beramal dan Berdoa

Bergerak Bekerja Beramal dan Berdoa

iklan Idul Adha Kementrian Agama Provinsi Banten

iklan Idul Adha Kementrian Agama Provinsi Banten

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

TV KONTAK BANTEN

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

TV KONTAK BANTEN

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

iklan Ucapan isra Miraj 2022

iklan Ucapan isra Miraj 2022

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support