Sabtu, 05 Maret 2022

Mandalika QRIS Racing Competition Jadikan Merchant BRI Semakin Meningkat

 


MATARAM – Bank BRI berhasil mendorong peningkatan jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menggunakan merchant QRIS melalui program Mandalika Racing QRIS Competition.

“Program Mandalika QRIS Racing Competition ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan akuisisi new merchant QRIS dan juga meningkatkan transaksi serta Sales Volume QRIS secara khusus di wilayah Lombok dan sekitarnya,” terang Regional Consumer Banking Head Andra Ruyus saat penyerahan hadiah bagi pemenang di Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Sabtu (5/3).

Dimulai dari series I Desember 2021 sampai Februari 2022, terdapat tambahan 1.050 mitra merchant BRI baru dari total 8.224 merchant di Pulau Lombok. Sehingga Mandalika QRIS Racing Competition ini juga sebagai langkah untuk mempersiapkan merchant QRIS dalam perhelatan WSBK 2021 dan  Moto GP 

Tujuannya untuk memberikan kemudahan dalam menerima pembayaran terutama untuk sektor bisnis kecil dan mikro melalui QRIS melalui system cashless transaction. Program ini juga diharapkan menjadi booster kepada masyarakat pengusaha yang bergerak di sektor bisnis kecil dan mikro agar meningkatkan transaksi dengan menyiapkan berbagai hadiah.

“Harapannya, para pengusaha kecil dan mikro semakin kreatif dan semangat untuk terus meningkatkan transaksi meskipun di tengah pandemi,” lanjut Andra, sapaannya.

Untuk Mandalika QRIS Racing Competition series I juara 1 dengan hadiah sepeda motor diraih oleh mitra merchant BRI Kava Kafe yang ada di Kota Mataram. Kemudian juara 2 diraih Muniah dengan hadiah sepeda Polygon, juara 3 Rumah Makan Sukma Rasa Labuapi mendapatkan hadiah kulkas. Ada juga juara harapan I yang didapatkan mitra merchant BRI Keman dengan hadiah berupa TV LED, juara harapan II dengan hadiah Smartphone didapatkan Klinik Cyto Praya. Juara harapan III dengan hadiah tabungan BRI Rp 1 juta diraih Meat You Steak 7 Hotplate hingga juara harapan IV dan V dengan hadiah tabungan Rp 1 juta diraih Omah Cobek Epicentrum Mall dan UMKM Kerupuk Ikan Selera Rasa.

Senior Manager Small Retail Acquiring BRI Retail Payment Division I Made Jaya Indrawan menambahkan program ini merupakan stimulus dari BRI agar pelaku UMKM cepat beralih dari transaksi tunai ke transaksi digital QRIS. “Stimulus ini mempercepat pelaku UMKM dan nasabah menjadi mitra merchant BRI yakin beralih bertransaksi menggunakan QRIS,” kata Jaya, sapaannya.

Penggunaan merchant Qris akan menurunkan risiko kerugian akibat fraud ataupun pembayaran dengan uang palsu. Kemudian nemudahkan pencatatan keuangan karena transaksi yang tercatat secara otomatis sehingga riwayat transaksi dapat dilihat dengan mudah. Termasuk membangun profil kredit yang baik sehingga tidak terkendala jika mengajukan pinjaman ke bank. Agar berpeluang untuk mendapat modal usaha menjadi lebih besar.

Dirincikan, sebaran merchant baru Qris BRI di Pulau Lombok yakni di Lombok Barat 1.400 Pengguna, Lombok Tengah 2.186 pengguna, Lombok Timur 2.615 pengguna, Lombok Utara 384 pengguna, dan kota Mataram 1.639 pengguna merchant baru.

Department Head Retail Payment & Card BRI Regional Office Denpasar Shinta Rachma Damayanti mengatakan di Bulan Februari, mitra merchant BRI mencapai 15 ribu. “Ini untuk Lombok dan Sumbawa. Di Bulan  Desember target merchant sekitar 80 ribu,” terangnya. Sehingga BRI menjadi penyuluh digital salah satunya melalui aplikasi Brimo.

Secara keseluruhan BRI memiliki 1,6 juta merchant QRIS yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan pertumbuhan transaksi QRIS di BRI mencapai 600 persen pada awal 2022 dengan peningkatan frekuensi transaksi mencapai 400 persen. Tipikal transaksi QRIS di BRI untuk ticket size kecil namun frekuensi transaksinya tinggi. Mayoritas bertransaksi menggunakan QRIS pada merchant groceries dan food & beverages.

Sementara itu Direktur Utama Mandalika Grandprix Association (MGPA) Priandhi Satria menjelaskan penggunaan QRIS memberikan kesempatan bagi pelaku usaha meningkatkan transaksinya saat MotoGP. Priandhi juga menjelaskan adanya MotoGP memberi dampak bagi pertumbuhan dari pelaku UMKM hingga pelaku usaha besar. “Dengan adanya Pertamina Mandalika Cirkuit kami mengajak pelaku usaha berperan agar memberikan efek domino dari event MotoGP. Sirkuit Mandalika. Ini menjadi stimulus bagi geliat ekonomi UMKM masyarakat NTB,” kata Priandhi.

2022.

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

Pemanasan Global 2022

Pemanasan Global 2022

Bergerak Bekerja Beramal dan Berdoa

Bergerak Bekerja Beramal dan Berdoa

iklan Idul Adha Kementrian Agama Provinsi Banten

iklan Idul Adha Kementrian Agama Provinsi Banten

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

TV KONTAK BANTEN

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

TV KONTAK BANTEN

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

iklan Ucapan isra Miraj 2022

iklan Ucapan isra Miraj 2022

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support