Thursday 18 April 2024

Erupsi Ruang, KRI akan Evakuasi Belasan Ribu Warga

 

Gunung Ruang saat erupsi (Foto: BPBD Sitaro/ist)

Kepulauan Siau Tagulandang Biaro: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 11.614 warga mulai dievakuasi dampak erupsi Gunung Ruang. Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) akan membantu proses evakuasi. 

“Jumlah penduduk itu sesuai dengan perhitungan jarak aman sejauh 6 kilometer dari Gunung Ruang. Jumlah warga yang mengungsi saat ini kurang lebih ada 11 ribu orang,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Kamis (18/4/2024). 

Nantinya, kata Abdul, kapal perang yang dikerahkan yakni satu KRI, dua kapal fery, dan satu kapal milik Basarnas. Pasalnya, kini statusnya Gunung Ruang meningkat menjadi level IV (Awas).

"Jadi paling tidak, ada empat kapal sudah pasti bisa mendukung. Dan tentu saja Kepala BNPB akan meninjau langsung proses tanggap darurat dan evakuasi ke Sulut," ujar Abdul. 

Menurut Abdul, peningkatan status ini menyusul eskalasi aktivitas vulkanik Gunung Ruang yang kembali erupsi pada 17 April 2024 pukul 18.00 Wita. Ketinggian semburan material mencapai 2.500 meter dari puncak. 

Kemudian, pada 17 April 2024 pukul 20.15 Wita kembali terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi sekitar 3.000 meter di atas puncak. Erupsi ini disertai suara gemuruh dan gempa terasa di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Ruang.

No comments:

Post a Comment