MANTAN pembalap MotoGP dan WSBK, Simon Crafar memberikan ulasan menarik tentang Sirkuit Mandalika yang disebutnya sebagai permata baru dari Indonesia. Sirkuit Mandalika memang menjadi sorotan dunia karena selain menjadi sirkuit yang sangat indah, juga para pembalap sedang berupaya maksimal mengenal tipe trek sebelum MotoGP digelar.
Seperti yang termuat di laman resmi motogp.com, Simon Crafar Jumat, 11 Februari 2022 mengatakan, Sirkuit Mandalika memiliki beberapa karakter yaitu yang pertama trek hanya memiliki dua titik pengereman keras yaitu tikungan pertama dan tikungan ke 10. Selanjutnya Crafar menilai Sirkuit Mandalika adalah sirkuit yang sangat mengalir, bukan sirkuit ‘’tenaga kuda’’.
Poin ketiga yang disampaikan oleh reporter pitlane MotoGP ini yaitu sirkuit ini menawarkan energi yang besar, sangat cepat, entri sudut tikungan. Selanjutnya ada banyak tikungan yang memaksa pengendara untuk mengerem keras pada sudut kemiringan yang besar, atau membuka gas dengan keras pada sudut tertentu.
Sirkuit ini juga dinilai memiliki limpasan besar dan perangkap kerikil, yang berarti aman atau positif bagi pembalap. Serta ada beberapa perubahan arah yang cepat di dalam trek yang menurutnya sangat fantastis.
Simon Crafar telah melihat keseluruhan trek dan berupaya mengenalnya dari dalam mobil Jumat, 11 Februari 2022. Ia menyamakan beberapa bagian Sirkuit Mandalika dengan sejumlah sirkuit di belahan dunia lainnya.
Misalnya pada start/finis hingga setelah tikungan 6 mirip seperti Sirkuit Misano, Italia. Kemudian, setelah tikungan 6 sampai belokan 10 seperti sirkuit Chicanes di Hockenheim Jerman atau Ascari di Monza dan tepat setelah tikungan 10 hingga setelah tikungan 14 seperti sirkuit Sepang. Sementara bagian terakhir Sirkuit Mandalika seperti Termas de Rio Hondo Argentina.
0 comments:
Post a Comment