JAKARTA– Layanan Satu Pintu (LSP) yang dibuka oleh PLN memberikan
kemudahan bagi konsumen saat ingin melakukan penyambungan baru atau
penambahan daya sekaligus dengan permohonan Sertifikat Laik Operasi
(SLO).
Awalnya, konsumen memperoleh SLO dari Lembaga Inspeksi Teknik (LIT)
yang terpisah dari PLN sebelum mendaftar pasang baru listrik. Namun
dengan adanya Layanan Satu Pintu ini konsumen cukup 1 kali melakukan
pengajuan pasang baru/tambah daya listrik sekaligus pengurusan SLO
dengan mendaftar langsung melalui Contact Center PLN 123, Website PLN
www.pln.co.id, ataupun PLN Mobile.
Layanan Satu Pintu memberikan kemudahan akses kelistrikan kepada
masyarakat serta memberikan informasi transparansi biaya kepada konsumen
secara transparansi. Jangka waktu layanan pasang baru sesuai Tingkat
Mutu Pelayanan (TMP) yang berlaku. Bahkan khusus untuk penyambungan
listrik dengan daya 100 sampai 200 klo Volt Ampere (kVA), PLN
berkomitmen untuk bisa melayani dalam waktu maksimal 18 hari kerja.
Proses pasang baru dilakukan cukup dengan 2 prosedur yaitu bermohon
(langsung bayar) dan penyalaan. Konsumen pun cukup melakukan satu kali
pembayaran biaya PLN dan biaya SLO menggunakan 1 mode booking. Konsumen
juga dapat memperoleh keringanan biaya penyambungan melalui metode
angsuran.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad
mengatakan, layanan satu pintu ini dilakukan agar masyarakat di wilayah
Jakarta dapat menikmati kemudahan yang diberikan PLN dalam permohonan
kelistrikan.
Ikhsan berharap, dengan adanya layanan satu pintu ini pelanggan
mendapatkan kemudahan dalam mengurus keperluan kelistrikan sehingga
dapat menyederhanakan prosedur dan mempercepat waktu. "Pelanggan dapat
kemudahan menikmati listrik dan tidak harus repot datang ke kantor kalau
ingin menambah daya atau ingin pasang baru, cukup menggunakan layanan
Contact Center123, PLN mobile atau website PLN," ungkapnya di Jakarta,
Rabu (15/1).
Ikhsan Asaad juga menyampaikan, Layanan Satu Pintu sebagai bentuk
reformasi pelayanan yang mampu meningkatkan kemudahan mendapatkan
listrik. “Layanan tersebut bisa menghindari praktek percaloan dan lebih
efisien. Masyarakat lebih hemat waktu dan tenaga pastinya," tambah
Ikhsan. Layanan Contact Center PLN 123 tidak hanya bisa diakses melalui
telepon saja, tetapi juga bisa melalui sosial media Facebook PLN 123,
Twitter @pln_123, Instagram @pln_123official, dan email
pln123@pln.co.id. yok/AR-2
0 comments:
Post a Comment