![]() |
SERANG– Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan
Usaha Kecil Menengah (UKM) tahun ini akan melakukan pembinaan digital
marketing kepada sejumlah pelaku UKM. Hal ini dilakukan untuk memudahkan
para pelaku usaha dalam memasarkan produknya.
Kepala Seksi (Kasi) Promosi Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Ratu
Anne mengatakan, tahun ini Kota Serang mulai melakukan pembinaan ke arah
Digital marketing. Dengan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan
Informatika (Diskominfo) Kota Serang untuk pembuatan website-nya.
“Karena Kota Serang itu kewenangannya membina usaha mikro, dan tahun
ini Kota Serang akan melakukan pembinaan ke arah digital marketing, yang
disosialisasikan oleh kami untuk pelaku UMKM. Nantinya mereka bisa
mempromosikan produknya di website,” ujarnya, Selasa(11/2/2020).
Saat ini, Anne menjelaskan, ada beberapa produk lokal unggulan UMKM
binaan Kota Serang. Diantaranya, kue satu, kue bangkit, dan batik
keraton yang sudah dikenal oleh banyak orang, baik Kota Serang maupun
luar Kota Serang. “Tapi kalau yang sudah diakui skala nasional itu ada
sate bandeng,” ucapnya.
Sementara, untuk pemasaran, pihaknya saling berkoordinasi dengan
bidang industri dan promosi. Kemudian, beberapa pameran dan sosialisasi
kepada pelaku usaha. “Tahun ini memang ada beberapa agenda pameran.
Untuk pembinaan dan pengembangan usaha, kami melakukan koordinasi dengan
bidang industri, juga ada pelatihan fotografi dan mengundang pengusaha
online,” ujarnya.
Untuk mendorong, produk para pelaku usaha, pihaknya memfokuskan
sosialisasi dan pembinaan. Hal ini dilakukan agar usaha mereka bisa
mandiri dan mempromosikan produknya masing-masing. Kemudian, dari segi
kualitas, perizinan, sertifikasi halal, serta Badan Pengawasan Obat dan
Makanan (BPOM) pun harus sesuai.
“Memang dengan syarat produk mereka berkualitas, kemudian kami adakan
kurasi, mana UKM yang sudah layak untuk dibantu promosi produknya, baik
dari segi kualitas, perizinan, sertifikasi halal, dan lain-lain. Sampai
dengan kelayakan pengemasan Jadi mereka mampu bersaing sendiri,”
katanya.
Untuk kendalanya sendiri, Ia menjelaskan, seputar masalah permodalan
dan pemasaran. “Maka kami ubah mindset mereka, jangan harus punya modal
banyak baru bisa jualan. Padahal kalau online, promosi mereka bagus,
barang mereka berkualitas mereka bisa menyiasatinya. Bisa pakai strategi
marketingnya yang penting berani memulai,” ujarnya.
Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, Pemkot Serang
akan mendukung keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota
Serang, terutama yang berfokus pada ciri khas daerah. “Pada intinya,
kami sangat mendukung penuh keberadaan UMKM yang ada di Kota Serang.
Terlebih UMKM tersebut mengangkat ciri khas daerah,”ujarnya.
Dalam menjalankan kegiatan usaha, ucap dia, dibutuhkan keuletan dan
konsistensi. Sebab, dalam membangun usaha tidak cukup hanya dalam waktu
yang singkat. “Mungkin ini yang menjadi kekurangan dari masyarakat Kota
Serang. Mereka itu sedikit gampang bosenan. Jadi untuk membangun usaha
harus ulet dan konsisten, meski pun pada awalnya itu sulit,” ucapnya.Ia juga menjelaskan, dalam mengenalkan suatu produk, selain rasa yang enak, pengemasan dan pemasaran pun harus yang baik dan menarik. “Kalau kemasannya sudah menarik, maka selanjutnya itu bagaimana memasarkan produk dengan baik. InsyaAllah usahanya jadi dapat berkembang,”ucapnya.
0 comments:
Post a Comment