![]()  | 
SERANG– Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan 
Usaha Kecil Menengah (UKM) tahun ini akan melakukan pembinaan digital 
marketing kepada sejumlah pelaku UKM. Hal ini dilakukan untuk memudahkan
 para pelaku usaha dalam memasarkan produknya.
Kepala Seksi (Kasi) Promosi Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Ratu 
Anne mengatakan, tahun ini Kota Serang mulai melakukan pembinaan ke arah
 Digital marketing. Dengan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan 
Informatika (Diskominfo) Kota Serang untuk pembuatan website-nya.
“Karena Kota Serang itu kewenangannya membina usaha mikro, dan tahun 
ini Kota Serang akan melakukan pembinaan ke arah digital marketing, yang
 disosialisasikan oleh kami untuk pelaku UMKM. Nantinya mereka bisa 
mempromosikan produknya di website,” ujarnya, Selasa(11/2/2020).
Saat ini, Anne menjelaskan, ada beberapa produk lokal unggulan UMKM 
binaan Kota Serang. Diantaranya, kue satu, kue bangkit, dan batik 
keraton yang sudah dikenal oleh banyak orang, baik Kota Serang maupun 
luar Kota Serang. “Tapi kalau yang sudah diakui skala nasional itu ada 
sate bandeng,” ucapnya.
Sementara, untuk pemasaran, pihaknya saling berkoordinasi dengan 
bidang industri dan promosi. Kemudian, beberapa pameran dan sosialisasi 
kepada pelaku usaha. “Tahun ini memang ada beberapa agenda pameran. 
Untuk pembinaan dan pengembangan usaha, kami melakukan koordinasi dengan
 bidang industri, juga ada pelatihan fotografi dan mengundang pengusaha 
online,” ujarnya.
Untuk mendorong, produk para pelaku usaha, pihaknya memfokuskan 
sosialisasi dan pembinaan. Hal ini dilakukan agar usaha mereka bisa 
mandiri dan mempromosikan produknya masing-masing. Kemudian, dari segi 
kualitas, perizinan, sertifikasi halal, serta Badan Pengawasan Obat dan 
Makanan (BPOM) pun harus sesuai.
“Memang dengan syarat produk mereka berkualitas, kemudian kami adakan
 kurasi, mana UKM yang sudah layak untuk dibantu promosi produknya, baik
 dari segi kualitas, perizinan, sertifikasi halal, dan lain-lain. Sampai
 dengan kelayakan pengemasan Jadi mereka mampu bersaing sendiri,” 
katanya.
Untuk kendalanya sendiri, Ia menjelaskan, seputar masalah permodalan 
dan pemasaran. “Maka kami ubah mindset mereka, jangan harus punya modal 
banyak baru bisa jualan. Padahal kalau online, promosi mereka bagus, 
barang mereka berkualitas mereka bisa menyiasatinya. Bisa pakai strategi
 marketingnya yang penting berani memulai,” ujarnya.
Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, Pemkot Serang 
akan mendukung keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota 
Serang, terutama yang berfokus pada ciri khas daerah. “Pada intinya, 
kami sangat mendukung penuh keberadaan UMKM yang ada di Kota Serang. 
Terlebih UMKM tersebut mengangkat ciri khas daerah,”ujarnya.
Dalam menjalankan kegiatan usaha, ucap dia, dibutuhkan keuletan dan 
konsistensi. Sebab, dalam membangun usaha tidak cukup hanya dalam waktu 
yang singkat. “Mungkin ini yang menjadi kekurangan dari masyarakat Kota 
Serang. Mereka itu sedikit gampang bosenan. Jadi untuk membangun usaha 
harus ulet dan konsisten, meski pun pada awalnya itu sulit,” ucapnya.Ia juga menjelaskan, dalam mengenalkan suatu produk, selain rasa yang enak, pengemasan dan pemasaran pun harus yang baik dan menarik. “Kalau kemasannya sudah menarik, maka selanjutnya itu bagaimana memasarkan produk dengan baik. InsyaAllah usahanya jadi dapat berkembang,”ucapnya.







0 comments:
Post a Comment