Di tengah wabah Virus Corona, pelaku UMKM bisa memaksimalkan
pelayanan online”. Demikian pesan Presiden Joko Widodo, 19 Maret 2020
lalu guna menjawab keprihatinan dan suara pelaku UMKM yang merasa
khawatir jika harus menutup usaha dan tinggal di rumah mengikuti anjuran
pemerintah dalam penerapan kebijakan Physical Distancing.
BNI mengajak mitra-mitra binaannya yang tergabung dalam Rumah Kreatif
BUMN (RKB) untuk memanfaatkan jaringan online guna memaksimalkan
pemasaran produk-produknya melalui Program Belanja Produk Lokal dari
Rumah Saja. BNI bersama mitra UMKM Rumah Kreatif BUMN melakukan inisiasi
pemasaran online produk-produk UMKM anggota RKB dengan campaign
#UntukUMKMIndonesia.
Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) BNI Tambok P
Setyawati di Jakarta, Kamis (16/4) menuturkan, dengan membeli produk
UMKM dari RKB BNI ini, secara tidak langsung masyarakat turut membantu
pelaku usaha rumahan agar tetap bertahan dengan bisnisnya di tengah
pandemi Covid-19. Jika usaha berjalan, tentunya akan menahan laju
pemutusan hubungan kerja (PHK), dan dapat menekan potensi gangguan
sosial di masyarakat.
“Ditengah wabah Covid-19 ini, pemasaran online dengan memaksimalkan
teknologi merupakan salah satu strategi untuk tetap bertahan bagi UMKM.
Hal ini sejalan dengan misi RKB untuk menjadi wadah bagi UMKM dalam
meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha dengan cara Go Modern, Go
Digital, dan Go Online,” ujarnya.
Melalui Program #UntukUMKMIndonesia, BNI telah memfasilitasi kurasi
produk UMKM mitra RKB dari berbagai kota di Indonesia. Kurasi ini
bertujuan untuk memudahkan para Sobat RKB, sebutan bagi pelanggan tetap
mitra binaan tersebut, agar dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus
keluar rumah melalui 3 langkah mudah yaitu Pesan, Bayar, Antar.
Masyarakat dapat melakuan pemesanan produk-produk unggulan UMKM
dengan mengakses official instagram @RKB.BNI dan 14 akun media social
RKB binaan BNI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Melalui
social media ini, produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh pengurus
RKB ditampilkan beserta nomor kontak UMKM agar pembeli dapat langsung
berkomunikasi dengan pelaku UMKM.
Setelah memilih produk UMKM sesuai dengan kebutuhan dan melakukan
pembayaran maka produk UMKM akan dikirimkan melalui jasa pengiriman yang
telah disepakati. Untuk menstimulus program ini, BNI memberikan
doorprize THR Lebaran berupa voucher top up Link Aja dengan total 10
juta rupiah bagi 20 pembeli dan penjual yang melakukan transaksi
menggunakan nomor rekening BNI.
Selain memaksimalkan pemasaran online produk UMKM, ditengah wabah
Covid -19 BNI bersama Himpunan Bank Negara (HIMBARA) juga berkomitmen
mendukung kebijakan pemerintah dalam menjalankan skema restrukturisasi
bagi debitur UMKM sesuai dengan peraturan OJK tentang Stimulus
Perekonomian Nasional.
RKB BNI juga aktif memproduksi kebutuhan masyarakat dan tenaga medis
ditengah wabah corona seperti masker, handsanitzer, baju pelindung
tenaga medis atau hazmat seperti RKB Bantaeng di Sulawesi Selatan, RKB
Banjar Baru di Kalimantan Selatan, RKB Cilacap di Jawa Tengah, RKB
Padang di Sumatera Barat dan kota lainnya.
Hingga kini, BNI membina 44 RKB di Indonesia. Ribuan UMKM aktif
mengembangkan diri di RKB-RKB tersebut. Program-program pelatihan untuk
mendorong UMKM Naik Kelas menjadi kegiatan regular RKB BNI seperti
pelatihan pengenalan dasar tentang pentingnya pengembangan pasar secara
online, cara mendaftar di marketplace, pengemasan produk, manajemen
keuangan hingga fotografi produk. BNI juga aktif membantu pembiayaan UKM
dengan program KUR hingga membawa UKM-UKM ke pameran-pameran tingkat
nasional dan internasional.
1RKB Binaan BNI yang semakin gencar dengan program Go Online di masa
pandemi Covid-19 ini berlokasi di 50 Kota, Katingan, Bengkulu,
Pontianak, Padang, Tabalong, Tegal, Banjarbaru, Ternate, Way Kanan,
Cilacap, Karimun, Bekasi, Banyuwangi, Pontianak, Sleman, Banjar Baru,
hingga Bantaeng di Sulawesi Selatan.
0 comments:
Post a Comment