Rabu, 30 Maret 2022

Catatan Redaksi Ramadhan Datang Lagi

 


Tidak terasa, belum lama kita menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh di tahun kemarin, kini kita akan melaksanakannya kembali, ya, datangnya bulan Ramadhan. Tapi terdapat situasi yang agak berbeda dari Ramadhan biasanya. Kini bulan Ramadhan datang dalam keadaan dunia sedang di landa oleh si COVID-19. Namun alangkah baiknya momen seperti ini kita gunakan untuk mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan ini agar ibadah yang kita lakukan selama bulan tersebut maksimal.

Ramadhan merupakan nama salah satu bulan dalam kalender qamariyah. Bahkan Terdapat beberapa pengertian kata “ramadhan” baik dari pendapat maupun suatu riwayat. Anas bin Malik bercerita bahwa Rasululloh SAW bersabda, dinamakan “ramadhan” karena membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa (Al-Mawardi, Al-Hawi Al Kabir Juz 3/854). Terdapat pula pendapat dari kalangan masyarakat arab yang mneyatakan bahwa “ramadhan” berasal dari kata ar-romadh yang berarti panas yang sangat terik, hal ini dikarenakan kebiasaan penamaan oleh orang-orang arab yang menamai bulan disesuaikan dengan keadaan zamannya sebagaimana mereka menamai dua bulan robi’ karena bertepatan dengan musim semi. Sedangkan pendapat lain menyatakan penamaan “ramadhan” bersifat tauqify yang dinamai langsung oleh Alloh dan diajarkan kepada Nabi Adam AS. (Tuhfah Al-Muhtaj Juz 13/178). 

Dari pengertian di atas, setidaknya terdapat indikasi keistimewaan yang Alloh sisipkan pada kata “Ramadhan” yang kemudian disampaikan melalui riwayat Anas bin Malik sebagai “membakar dosa dalam arti membakar sekaligus melenyapkan dosa”. Hal tersebut kemudian didukung dengan dalil-dalil dalam Al-Qur’an dan Hadits diantaranya diturunkannya Al-qur’an, ganjaran berpuasa, terdapatnya lailatul qadr dan pahala yang dilipatgandakan. Keistimewaan-keistimewaan tersebut akan kita ulas satu demi satu agar kita dapat menyambut bulan Ramadhan penuh dengan kesiapan.

  1. Diturunkannya Al-qur’an

Mengapa diturunkannya Al-qur’an menjadi salah satu dari keutamaan bulan Ramadhan ? Karena Al-qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Bukti Al-qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan sebagaimana firman Alloh SWT dalam surat Al-baqarah ayat 185:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ 

“Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannnya Al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelas dari petunjuk dan pembeda.”

Selain itu, sebagaimana dikatakan oleh Imam Masjid Istiqlal KH. Muhasin Abdul Majid bahwa Al-qur’an adalah mukjizat nabi yang paling besar dikarenakan berfungsi sebagai petunjuk bagi orang Islam bahkan umat manusia. Semua aktivitas di langit dan di bumi serta semua isinya telah dirangkum dalam Al-qur’an.

  • Ganjaran berpuasa

Seperti yang kita ketahui bersama, puasa merupakan salah satu dari rukun Islam. Pada bulan Ramadhan Alloh mewajibkan kepada orang-orang yang beriman untuk berpuasa. Untuk menggambarkan ganjaran bagi orang yang melaksanakan kewajiban tersebut dapat kita lihat pada hadits yang diriwayatkan dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA., Nabi bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Setiap amalan kebaikan anak adam (manusia) akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”

Dari hadits di atas, dapat kita renungkan bahwa penyebutan pelipatgandaan amal kebaikan yang dilakukan manusia kemudian dibandingkan dengan orang berpuasa yang diganjar langsung oleh Alloh SWT tanpa penyebutan angka menunjukkan betapa besarnya pahala yang Alloh berikan kepada orang-orang yang berpuasa. Selian itu pujian juga Alloh berikan kepada orang yang berpuasa bahwa bau mulutnya lebih harum daripada minyak Kasturi. Hal ini menunjukkan bahwa orang-orang yang berpuasa memiliki keistimewaan di sisi Alloh SWT.

  • Lailatul qadr

Lailatur qadr merupakan salah satu keutamaan selanjutnya dari bulan Ramadhan. Lailatul qadr telah digambarkan secara jelas dalam firman Alloh SWT surat Al-qadr ayat 1-5:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (١) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (٢) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْر (٣) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْر (٤) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْر)٥ (

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam Qadr. Dan tahukan kamu apa malam Qadr itu? (yaitu) malam Qadr itu lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.”

Wahbah Az Zuhaili dalam kitabnya Tafsir Munir bahwa Lailatul Qadr merupakan suatu malam yang mulia karena pada malam tersebut diturunkan Al-Qur’an. Di malam itu juga turun para malaikat dan malaikat Jibril untuk memohonkan kepada Alloh SWT untuk memberikan cahaya-cahaya, keberkahan, keutamaan, dan kebaikan kepada hamba-hamba Alloh SWT yang beribadah (melakukan amalam sholih) di malam tersebut. Dalam kitab Tafsir Jalalain karangan Imam Jalaluddin As Suyuti dan Imam
Jalaluddin Al Mahalli disebutkan bahwa yang di maksud “malam kemuliaan lebih baik dari 1000 bulan” adalah amal-amal shaleh (ibadah) yang kita lakukan di malam tersebut lebih baik daripada melakukannya di malam-malam selainnya. Anas bin Malik ra menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan keutamaan disitu adalah bahwa amal ibadah seperti shalat, tilawah al-Qur’an, dan dzikir serta amal sosial (seperti shodaqoh dana zakat), yang dilakukan pada malam itu lebih baik dibandingkan amal serupa selama seribu bulan (tentu di luar malam lailatul qadr sendiri). Dalam riwayat lain Anas bin Malik juga menyampaikan keterangan Rasulullah SAW bahwa sesungguhnya Allah mengkaruniakan “lailatul qadr” untuk umatku, dan tidak memberikannya kepada umat-umat sebelumnya.

  • Pahala yang dilipatgandakan

Keutamaan lain dari bulan Ramadhan adalah amalan yang dilipatgandakan. Hal tersebut sebagaimana hadits Ummi Hani’ RA. yang diriwayatkan oleh At-Tabrani:

فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ

“Maka takutlah kalian (terhadap) bulan Ramadhan, sesungguhnya amalan-amalan kebaikan dilipatgandakan pada bulan tersebut (ramadhan) dan begitu juga dengan amalan-amalan keburukan”

Pada saat bulan Ramadhan banyak muslim yang memperbanyak membaca al-qur’an. Mengapa demikian? karena pahala di bulan Ramadhan dilipatgandakan. Adapun perumpamaan pahala yang didapat ketika membaca al-qur’an sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi yaitu:

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf

Dari hadits di atas, maka seseorang yang membaca al-qur’an bahkan yang mengkhatamkan al-qur’an akan mendapatkan amal kebaikan yang tak terkira jumlahnya.

Dari beberapa keutamaan-keutamaan yang telah dijelaskan di atas, diharapkan kita dapat mempersiapkan semaksimal mungkin datangnya bulan Ramadhan ini, kita tingkatkan amalan-amalan kebaikan selama bulan Ramadhan sehingga segala amalan-amalan baik yang kita lakukan dapat kita panen nantinya. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang taqwa kepada Alloh SWT. Dan yang terakhir, tetap di rumah aja. Wallohua’lam bissowab.

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

KARANG TARUNA PROVINSI BANTEN

KARANG TARUNA PROVINSI BANTEN

SELAMAT HUT PROVINSI BANTEN DPRD BANTEN

SELAMAT HUT PROVINSI BANTEN DPRD BANTEN

SELAMAT HUT PROVINSI BANTEN KE 22

SELAMAT HUT PROVINSI BANTEN KE 22

TV KONTAK BANTEN LIVE

DISHUB KOTA CILEGON

DISHUB KOTA CILEGON

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Dinas Pendidikan Kota Serang

Dinas Pendidikan Kota Serang

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

PERKIM KOTA CILEGON HUT RI KE 77

PERKIM KOTA CILEGON HUT RI KE 77

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

TV KONTAK BANTEN STRIMING

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

TV KONTAK BANTEN

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Pancasila Sakti 2022

Pancasila Sakti  2022

PANCASILA ADALAH NKRI

PANCASILA ADALAH NKRI

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support