Friday 28 June 2024

Kemiskinan Struktural di Banten : Membongkar Akar Masalah dan Pilihan Solusi

 

Kebijakan Yang Membuat Pribumi sulit untuk Mencari Pekeerjan Pendatang di Beri kesempatan lebih ini harus segera di benahi

 

 oleh Cahyono Dwi Prastiyo Kementrian Dalam Negeri

Kemiskinan merupakan persoalan kompleks yang terus menghantui berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia. Namun, di balik gejala kemiskinan yang tampak, terdapat dimensi yang lebih dalam yang dikenal sebagai kemiskinan struktural. Kemiskinan struktural merujuk pada kondisi di mana individu dan kelompok tertentu terjebak dalam kemiskinan secara berkelanjutan akibat ketidaksetaraan struktural dalam masyarakat. Lebih dari sekadar kurangnya pendapatan, kemiskinan struktural muncul akibat sistem, kebijakan, dan faktor sosial yang berinteraksi secara kompleks.

Membongkar akar masalah kemiskinan struktural adalah langkah penting dalam upaya untuk mencari solusi yang berkelanjutan dan efektif. Dalam konteks ini, menganalisis faktor penyebab yang mendalam serta merancang strategi penanggulangan yang tepat menjadi hal yang utama. Artikel ini akan menjelajahi berbagai dimensi akar masalah kemiskinan struktural, mulai dari ketidaksetaraan ekonomi dan akses terbatas hingga dampak pendidikan yang kurang memadai. Di samping itu, kita juga akan merinci pilihan solusi yang dapat diambil untuk melawan kemiskinan struktural, termasuk langkah-langkah seperti peningkatan pendidikan, pemberdayaan ekonomi lokal, reformasi kebijakan, dan pelestarian lingkungan.

Kemiskinan struktural di Indonesia salah satunya bisa terlihat dalam fenomena terjebaknya banyak individu dan keluarga pada pinjaman online yang konsumtif dan hal ini seringkali muncul karena pola pikir pengelolaan keuangan yang keliru. Pendapatan yang tidak dikelola dengan baik, dipadukan dengan pola hidup konsumtif tanpa adanya penyisihan untuk dana darurat menyebabkan banyak keluarga yang rentan terjebak lingkaran pinjaman dan hutang yang tidak berujung yang membuat keluarga akan sulit keluar dari kondisi kemiskinan.

Banyak individu dari lapisan masyarakat terjebak dalam lingkaran utang akibat tidak memiliki simpanan dana darurat sehingga ketika terjadi kondisi darurat yang membutuhkan dana cepat seperti biaya berobat, biaya pendidikan yang tidak disiapkan sebelumnya, maka solusi singkatnya adalah meminjam dan menjadi ketergantungan pada pinjaman online yang cenderung memiliki suku bunga tinggi, persyaratan pembayaran yang tidak selalu transparan, serta penyelesaian masalah finansial yang sama sekali tidak solutif. Orang-orang yang membutuhkan dana mendesak terkadang terpaksa meminjam dari layanan pinjaman online yang tidak mengedepankan edukasi keuangan, dan akhirnya mereka terjerat dalam utang yang semakin sulit untuk dilunasi.

Dengan memahami dan menggali lebih dalam tentang kemiskinan struktural serta solusi-solusi yang dapat diimplementasikan, kita dapat mengambil langkah-langkah nyata menuju penghapusan kemiskinan yang lebih berkelanjutan dan adil. Dalam perjalanan ini, kita akan menyadari bahwa melawan kemiskinan struktural bukan hanya tentang memberikan bantuan sementara yang bersifat instant, tetapi juga tentang merombak sistem dan membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan.


Akar Masalah Kemiskinan Struktural

Kemiskinan struktural bukanlah fenomena yang muncul begitu saja. Ia merupakan hasil dari interaksi kompleks antara berbagai faktor-faktor yang merentang dari aspek ekonomi, sosial, hingga lingkungan. Pada bagian ini akan menguraikan beberapa akar masalah utama yang melandasi kemiskinan struktural, memperlihatkan bagaimana carut marut pada faktor-faktor ini terangkai bersama untuk mempertahankan kondisi ketidaksetaraan dan kemiskinan dalam masyarakat.

Ketidaksetaraan Ekonomi dan Akses

Ketidaksetaraan dalam distribusi pendapatan dan akses terhadap peluang ekonomi merupakan salah satu akar masalah paling mendasar dalam kemiskinan struktural. Pada banyak kasus, sejumlah kecil individu atau kelompok memiliki kendali atas sumber daya ekonomi yang signifikan, sementara mayoritas harus bertahan dengan akses yang terbatas. Ketidaksetaraan ini menciptakan siklus dimana mereka yang kaya menjadi semakin kaya, sementara mereka yang kurang beruntung akan terus terjebak dalam lingkaran kemiskinan.

Ketidaksetaraan ini tidak hanya berupa perbedaan antar individu atau kelompok, namun perbedaan faktor-faktor ekonomi ini dapat juga kita lihat dari fasilitas dan infrastruktur yang berbeda antara wilayah satu dengan wilayah lainnya. Perbedaan ini akan menentukan salah satunya adalah tinggi rendahnya biaya produksi dan distribusi dan meskipun bukan satu-satunya penyebab utama, maka tingginya biaya produksi dan distribusi akan memicu naiknya tingkat harga (inflasi) dan berujung pada semakin tidak berdayanya golongan miskin untuk memenuhi bahkan hanya untuk kebutuhan dasar seperti makanan yang berkualitas untuk keluarganya.

Pendidikan, Wawasan dan Keterampilan Terbatas

Keterbatasan akses terhadap pendidikan berkualitas dan pelatihan berdampak besar pada kemiskinan struktural. Ketika sebagian besar masyarakat tidak memiliki akses terhadap pendidikan yang layak, kesempatan untuk meraih pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan pendapatan menjadi sangat terbatas. Ini menciptakan spiral kemiskinan dimana generasi berikutnya juga menghadapi hambatan yang serupa, menjaga mereka dalam lingkaran ketidakmampuan ekonomi.

Ketidakstabilan Sosial dan Lingkungan

Faktor sosial dan lingkungan juga berperan penting dalam mempertahankan kemiskinan struktural. Konflik sosial, perubahan iklim, serta degradasi lingkungan dapat menghambat pembangunan ekonomi dan menciptakan kondisi yang memperburuk situasi kemiskinan. Ketidakstabilan ini juga dapat mendorong migrasi paksa dan menghambat upaya keluar dari kemiskinan.

Faktor-faktor di atas menggambarkan bahwa kemiskinan struktural lebih dari sekadar kekurangan materi, melainkan hasil dari sistemik dan kompleksnya interaksi antara faktor-faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan. Memahami akar masalah ini menjadi kunci dalam merancang solusi yang tepat dan berkelanjutan untuk mengatasi kemiskinan struktural. 


Jebakan Ilusi Kemiskinan Struktural: Memahami Dampaknya

Di balik realitas keras kemiskinan struktural, terkadang ada jebakan ilusi yang membuat situasi semakin kompleks. Jebakan ini mengacu pada persepsi atau pandangan yang salah tentang penyebab dan solusi kemiskinan, yang pada akhirnya dapat mempertahankan dan memperdalam lingkaran kemiskinan. Dalam konteks ini, penting bagi kita untuk memahami “jebakan ilusi kemiskinan struktural” dan bagaimana ia dapat mempengaruhi upaya penanggulangan.

Kepercayaan pada Kebuntuan Nasib

Salah satu jebakan utama adalah kepercayaan bahwa nasib dan keadaan ekonomi seseorang sudah ditakdirkan dan tidak dapat diubah. Ini dapat membatasi motivasi untuk mencari perubahan dan merencanakan langkah-langkah untuk keluar dari kemiskinan. Orang yang terjebak dalam pemikiran ini mungkin merasa bahwa upaya apapun yang mereka lakukan seolah akan sia-sia dan tidak akan menghasilkan perubahan signifikan.

Mengabaikan Aspek Pendidikan dan Keterampilan

Beberapa orang mungkin merasa bahwa pendidikan dan keterampilan tidaklah penting, karena mereka percaya bahwa kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik hanyalah khayalan. Pandangan ini dapat mengabaikan pentingnya pendidikan dan pelatihan dalam membuka pintu peluang ekonomi yang lebih baik.

Stigma dan Identitas Kemiskinan

Jebakan ini muncul ketika orang merasa stigmatized atau merendahkan diri akibat status kemiskinan mereka. Mereka mungkin merasa tidak memiliki hak untuk aspirasi lebih tinggi atau merasa bahwa mereka tidak pantas dan merasa rendah diri mendapatkan bantuan atau peluang yang tersedia.

Menunda Solusi Jangka Panjang

Ilusi bahwa solusi jangka panjang untuk kemiskinan adalah mustahil atau terlalu sulit untuk dicapai, dapat mengarah pada perilaku yang cenderung memilih solusi sementara, instant atau menghindari upaya merencanakan masa depan. Pendekatan ini hanya akan mempertahankan status quo dan menghambat perubahan nyata.

Penting untuk menyadari bahwa jebakan ilusi kemiskinan struktural dapat menghalangi perubahan yang diperlukan untuk keluar dari siklus kemiskinan. Membangun kesadaran tentang penyebab sebenarnya dan menggali pemahaman yang akurat tentang solusi yang mungkin, akan membantu kita mengatasi jebakan ini. Dengan meruntuhkan dinding-dinding ilusi ini, kita dapat membuka pintu menuju perubahan yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan bagi yang terjebak dalam kemiskinan struktural.


Strategi Melawan Kemiskinan Struktural: Menyusun Masa Depan yang Memiliki Harapan

Setelah memahami akar masalah kemiskinan struktural dan mengenali jebakan ilusi yang mungkin menghalangi perubahan, saatnya untuk mengeksplorasi berbagai strategi yang dapat kita terapkan untuk melawan kemiskinan struktural. Pada bagian ini akan menguraikan beberapa pendekatan dan langkah konkret yang dapat diambil untuk merobohkan tembok-tembok ketidaksetaraan dan membuka jalan keluar dari siklus kemiskinan.

Pendidikan sebagai Pondasi Utama

Meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi semua baik itu pendidikan formal maupun informal, khususnya bagi kelompok yang rentan, merupakan langkah vital dalam mengatasi kemiskinan struktural. Investasi dalam pendidikan tidak hanya membuka peluang ekonomi yang lebih baik, tetapi juga mengubah pola pikir dan membantu meruntuhkan jebakan ilusi.

Pemberdayaan Ekonomi Lokal

Menggerakkan ekonomi lokal melalui inisiatif seperti pelatihan keterampilan, kewirausahaan, dan dukungan terhadap usaha mikro serta kecil dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat di tingkat dasar. Ini membantu mengurangi ketergantungan pada sumber daya yang terpusat dan memperkuat kedaulatan ekonomi lokal.

Reformasi Kebijakan dan Distribusi Sumber Daya

Penghapusan kemiskinan struktural memerlukan langkah-langkah untuk mengurangi ketidaksetaraan dalam distribusi sumber daya. Ini melibatkan reformasi kebijakan yang mendorong inklusivitas, keadilan, dan transparansi. Kebijakan ini harus mendukung akses yang lebih adil terhadap pendidikan, layanan kesehatan, pekerjaan, dan peluang ekonomi.

Konservasi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan

Ketidakstabilan lingkungan dapat memperburuk kemiskinan struktural. Oleh karena itu, fokus pada pembangunan berkelanjutan dan konservasi lingkungan juga menjadi strategi penting. Langkah-langkah ini tidak hanya melindungi lingkungan, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi baru di sektor-sektor seperti energi terbarukan dan pertanian berkelanjutan.


Peran Serta Credit Union Pancur Kasih Dalam Pembangunan Sosio-Ekonomi Berkelanjutan

Dalam upaya mengentaskan kemiskinan, terutama kemiskinan struktural, peran berbagai pemangku kepentingan, termasuk Credit Union, memiliki dampak yang signifikan dalam mengakselerasi pencapaian program-program pemerintah dalam mengurangi dan bahkan mengentaskan kondisi kemiskinan pada kelompok yang rentan.

CU Pancur Kasih, berbasis pada prinsip kesetaraan, solidaritas, dan pemberdayaan anggota, memiliki potensi untuk memberikan kontribusi nyata dalam program pemerintah yang bertujuan melawan kemiskinan. Di CU Pancur Kasih, simpan dan pinjam hanyalah sebuah alat semata, dan yang lebih jauh dan krusial dari itu, CU Pancur Kasih memastikan bahwa jalan menuju kesejahteraan adalah terlebih dahulu membangun kesadaran dan pengembangan wawasan anggota melalui pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan.

Perubahan pola pikir dan cara pandang dari masyarakat setelah menjadi anggota pada intinya dapat terlihat pada dua perubahan yang terjadi yaitu pertama terciptanya kesadaran bahwa ada sesuatu yang salah yang terjadi pada pengelolaan keuangannya dan timbul keinginan dan kesadaran untuk memperbaiki kondisi tersebut sehingga mendorong anggota secara sadar dan aktif terlibat dalam program-program pendidikan dan pelatihan yang disediakan oleh CU Pancur Kasih.

Dan hal yang kedua terjadi adalah setelah adanya kesadaran menambah pengetahuan dan wawasan dalam pengelolaan keuangan dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan, anggota kemudian dengan sadar memahami bahwa cara satu-satunya bangkit dari kondisi keterpurukan finansial adalah dengan menolong dirinya sendiri yang tercermin dalam upayanya secara rutin menyisihkan setiap penghasilannya dalam bentuk tabungan.

Makna filosofis dari menyisihkan tabungan bukanlah berfokus pada seberapa besar atau nominal anggota dapat menabung, namun lebih kepada penciptaan kebiasaan baru dalam pengelolaan finansial. Penciptaan kebiasaan menabung ini akan menjadi pintu masuk pada pemahaman lanjutan tentang cerdas finansial seperti memahami pentingnya memiliki dana darurat, memiliki aset menghasilkan, memiliki investasi yang sehat, dan lain sebagainya yang menuntun pada kondisi stabil finansial.

Berikut adalah beberapa peran nyata dari CU Pancur Kasih dalam misinya meningkatkan kesejahteraan anggota:

Pendidikan Keuangan dan Keterampilan

Sebagai bagian dari misi utamanya, CU Pancur Kasih memberikan penyadaran realitas sosial seperti penyadaran akan adanya ilusi jebakan kemiskinan struktural dan program pendidikan pengelolaan keuangan dan pelatihan keterampilan kepada anggotanya. Ini membantu menyadarkan anggota bahwa kondisi saat ini bukanlah hal yang permanen, namun dengan kemauan yang kuat dan meningkatkan literasi finansial dan keterampilan yang diperlukan dalam mengelola uang, berinvestasi dengan bijaksana, dan merencanakan masa depan secara lebih efektif, maka harapan akan masa depan yang lebih baik bukanlah cuma sekedar khayalan.

Akses Keuangan untuk Semua Lapisan Masyarakat

CU Pancur Kasih membuka pintu akses keuangan bagi lapisan masyarakat yang biasanya terpinggirkan dari layanan keuangan formal. Anggota CU Pancur Kasih dapat memperoleh layanan keuangan dasar seperti fasilitas simpanan dan pinjaman, yang dapat menjadi alat membantu mereka mengatasi ketidaksetaraan ekonomi dan merencanakan masa depan yang lebih baik.

Pemberdayaan Ekonomi Lokal

CU Pancur Kasih mendukung pemberdayaan ekonomi lokal dengan memberikan dukungan berupa pendampingan dan dukungan finansial kepada anggota dalam mendirikan atau mengembangkan usaha produktifnya. Ini dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan rumah tangga, dan secara perlahan merombak struktur ekonomi lokal.

Solidaritas dan Kerjasama

Prinsip-prinsip solidaritas dan kerjasama di CU Pancur Kasih dapat membantu anggota mengatasi isolasi sosial dan ekonomi yang sering kali menjadi bagian dari kemiskinan struktural. Dalam lingkungan yang mendukung, anggota dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan dukungan dalam menghadapi tantangan ekonomi.

Penanggulangan Sirkulasi Utang Berbahaya

Ini adalah hal yang terpenting yang menjadi perhatian penuh di CU Pancur Kasih. CU Pancur Kasih tidak menginginkan bahwa pinjaman yang diberikan kepada anggota malah menjadi sumber masalah baru di dalam perjuangan anggota memperbaiki kondisi ekonominya.

Pemanfaatan pinjaman yang tidak terkontrol, tujuan yang tidak jelas, dan bentuk salah kelola lainnya membuat CU Pancur Kasih sangat menaruh perhatian dan hati-hati dalam proses analisa pengajuan kredit anggota, Dan sayangnya ini dalam beberapa kesempatan terkadang disalah artikan sebagai kurang responsifnya proses perkreditan di CU Pancur Kasih.

Dengan prinsip kehati-hatian dan Balas Jasa Pinjaman yang bersahabat,  hal ini membantu anggota menghindari jebakan utang konsumtif yang dapat memperdalam kemiskinan. Penawaran pinjaman dengan persyaratan yang lebih adil dapat membantu mengurangi tekanan ekonomi bagi mereka yang sudah terjebak dalam sirkulasi utang konsumtif yang tidak berkesudahan.


Harapan Itu Nyata

Seperti yang disampaikan oleh Friedrich Wilhelm Raiffeisen, Bapak Credit Union Dunia, bahwa kemiskinan hanya dapat diatasi dengan menolong diri sendiri. Raiffeisen berkesimpulan bahwa kondisi kemiskinan itu hadir terutama disebabkan oleh kekeliruan pola pikir, sehingga yang harus dilakukan pertama kali adalah penyadaran, perubahan pola pikir, dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan. Barulah berikutnya berbicara tentang bagaimana cara meningkatkan kesejahteraan melalui usaha produktif, pengembangan aset melalui investasi dan lain sebagainya.

Contoh lain kemiskinan struktural yang nyata terjadi di sekitar kita adalah ketidaksetaraan akses terhadap pendidikan di daerah terpencil. Di banyak wilayah pedalaman, akses pendidikan berkualitas masih menjadi kendala serius. Faktor-faktor seperti jarak, kurangnya sarana dan prasarana, menyebabkan banyak anak-anak di daerah ini kesulitan mengakses pendidikan yang layak. Akibatnya, generasi muda di wilayah tersebut terjebak dalam lingkaran kemiskinan karena minimnya peluang pendidikan dan keterampilan.

Wawasan dan pengetahuan yang terbatas akan mempengaruhi cara seseorang mempersepsi kondisi dan situasi yang terjadi di sekitarnya dan berujung pada kekeliruan cara mengambil keputusan dan perilaku. Salah satu langkah kunci dalam mengatasi kemiskinan struktural ini adalah melalui pendidikan keuangan yang lebih luas dan intensif. Pendidikan keuangan harus ditanamkan kepada masyarakat sejak usia dini hingga dewasa, dengan fokus pada pentingnya pengelolaan keuangan yang bijaksana dan pengenalan terhadap resiko pinjaman yang tidak terkendali.

Dengan pendidikan keuangan yang kuat dan akses terhadap layanan keuangan inklusif, CU Pancur Kasih memberikan peluang dan kesempatan kepada  masyarakat dan anggota untuk dapat lebih bijaksana dalam mengelola keuangan mereka dan menghindari jebakan pinjaman online yang konsumtif. Langkah-langkah ini akan membantu merobohkan struktur kemiskinan yang berkaitan dengan utang yang tidak terkendali dan menciptakan pondasi yang lebih kuat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

Dan kemudian hanya tinggal satu masalah tersisa, apakah Anggota itu sendiri memahami bahwa pendidikan dan pelatihan yang disediakan oleh Credit Union adalah sebuah peluang untuk menuju ke kondisi lebih baik, atau malah menganggap bahwa hal tersebut adalah sebuah hal menghambat?

Perang melawan kemiskinan struktural adalah tugas bersama yang membutuhkan kontribusi dari berbagai sektor dan pemangku kepentingan. Dalam upaya ini, CU Pancur Kasih sejak lahirnya di tahun 1987 silam selalu setia menjadi penerang dan selalu berusaha memberikan dampak positif. Dengan prinsip-prinsip yang mendorong layanan keuangan inklusif, pemberdayaan, dan solidaritas, CU Pancur Kasih tidak hanya menghadirkan solusi finansial, tetapi juga mendukung transformasi sosial yang diperlukan untuk merobohkan tembok-tembok kemiskinan struktural. Melalui akses keuangan yang lebih luas, pendidikan finansial, pemberdayaan ekonomi lokal, dan upaya kolaboratif, CU Pancur Kasih dapat membantu anggota keluar dari cengkeraman kemiskinan dan menuju masa depan yang lebih cerah. 

Dengan dukungan yang kokoh dan kesatuan visi, kita bisa bersama-sama menciptakan perubahan positif yang berkelanjutan dalam memerangi kemiskinan struktural dan menciptakan masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Minat Klik - PT. Anugrah Cahaya Plafonpvc

UCAPAN IDUL ADHA 1445 H

UCAPAN IDUL ADHA 1445 H

HUT BYANGKARA ADHA PEMERINTAH BENGKULU

HUT BYANGKARA ADHA PEMERINTAH BENGKULU

BAPENDA BANTEN IDUL ADHA 1445 H

BAPENDA BANTEN IDUL ADHA 1445 H

PEMRINTAH BENGKULU HUT BENGKULU

PEMRINTAH BENGKULU HUT BENGKULU

IDUL ADHA 1445 H

IDUL ADHA 1445 H

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

PERKIM KOTA CILEGON IDUL ADHA 1445 H

PERKIM KOTA CILEGON IDUL ADHA 1445 H

BAPENDA PROVINSI BANTEN

BAPENDA PROVINSI BANTEN

IDUL ADHA 1445 H

IDUL ADHA 1445 H

Idul Adha 1445 H

Idul Adha 1445 H

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

BUMN PEDULI BANGSA

BUMN PEDULI BANGSA

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

IBU KOTA NUSANTARA

IBU KOTA NUSANTARA

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

PEMERINTAH BANYUWANGI

PEMERINTAH BANYUWANGI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2024

RESOLUSI TAHUN 2024

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

PEMERINTAH SUBANG JABAR

PEMERINTAH SUBANG JABAR

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support