Kamis, 03 Maret 2022

Call Centre 112, Dikunjungi Kementerian Kominfo RI

 


Cilegon - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Selasa (01/03) melakukan monitoring operasional Call Center 112 di Pemerintah Kota Cilegon bertempat di Gedung Dinas Komunikasi dan Informatika, Sandi dan Statistik Kota Cilegon (Diskominfo). Agung Setio Utomo selaku Sub Koordinator Perencanaan dan Pembangunan Infrasus Pitalebar beserta rombongan berdiskusi secara intens berkaitan dengan operasional Call Center 112 Pemerintah Kota Cilegon. Hal ini menindaklanjuti adanya Surat dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nomor : GF.00.02/001/KB/II/2022 tanggal 8 Februari 2022 Hal : Laporan Mitigasi Bahaya Kegempaan dan Tsunami kawasan Industri Cilegon (Rekomendasi untuk Antisipasi Skenario Terburuk), dimana kawasan strategis Cilegon memiliki potensi bahaya gempabumi dan tsunami.
Kepala Dinas Kominfo, Didin S. Maulana yang menerima rombongan dari Kemenkominfo dalam sambutannya menyambut baik kedatangan tim dari Kementerian. "Kami menyambut baik kedatangan dari tim Kementerian Kominfo, karena saya masih baru di lantik jadi Kepala Dinas disini, kehadiran temen-temen disini bisa juga memberikan masukan untuk kami," ungkapnya.
Lebih lanjut, Didin menjelaskan bahwa secara teknis 112 yang paling tau adalah Adi. "Kalau 112 ini, Adi yang lebih tau karena dari awal, Adi yang mengurusinya, nanti secara teknis bisa dijelaskan langsung oleh saudara Adi," jelasnya.
Sementara itu, Agung mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan dilakukannya kunjungan dan monitoring ini adalah dalam rangka memetakan kondisi eksisting yang saat ini telah berjalan dan dilaksanakan pada Call Center 112 Pemerintah Kota Cilegon sebagai bagian dari langkah preventif terhadap terjadinya kemungkinan terburuk jika terjadi gempa bumi dan tsunami. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Diskominfo, Didin S Maulana bertempat di Ruang Call Center 112 Diskominfo Kota Cilegon. Didin mengungkapkan bahwa Call Center 112 ini akan terus dioptimalkan guna memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas, terlebih dengan adanya informasi yang telah beredar berkaitan dengan potensi gempa bumi dan tsunami. “Saya sebagai kepala dinas tentu akan sangat mendukung segala upaya yang telah dilakukan untuk kepentingan masyarakat melalui dukungan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Call Center 112 ini akan diintegrasikan dengan Command Center yang berada di Gedung Sekretariat Daerah Kota Cilegon. Untuk saat ini masih berada di gedung Diskominfo Kota Cilegon dengan konsep Mini Command Center”, katanya.
Lebih lanjut Agung menjelaskan bahwa sebagai langkah preventif, adalah perlunya sosialisasi Call Center 112 secara masif untuk seluruh lapisan masyarakat, di samping membangun dan memperkuat sistem mitigasi gempa bumi dan tsunami. Sebagai upaya Kemenkominfo dalam hal sosialisasi kewaspadaan dini kepada masyarakat luas, direncanakan dalam proses Auto Switch Off (ASO) pada perangkat televisi yang direncanakan akan berlangsung mulai akhir bulan Maret 2022 ini untuk wilayah Banten I mencakup Kota Serang, Kota Cilegon dan Kabupaten Serang, akan disertakan dengan fitur notifikasi kebencanaan yang secara otomatis akan muncul pada layar televisi yang telah diseting dengan perangkat STB jika terjadi gempa bumi dan tsunami. Hal ini tentu menjadi salah satu media sosialisasi yang dapat langsung diterima oleh masyarakat. “Nantinya ini akan lebih mempermudah penyebaran informasi kepada masyarakat dengan adanya fitur notifikasi pada televisi yang telah menggunakan STB hasil dari ASO. Jika terjadi gempabumi yang tidak berpotensi tsunami, akan muncul notifikasi di bagian bawah layar televisi. Namun jika terjadi gempa bumi yang berpotensi tsunami, maka televisi secara otomatis akan muncul notifikasi dalam layar penuh, muncul suara notifikasi untuk segera melakukan evakuasi, dan tidak dapat dimatikan kecuali dicabut dari power listrik. Diharapkan ke depan masyarakat akan lebih aware terhadap lingkungannya dan mendukung proses ASO yang akan berlangsung di kisaran akhir bulan Maret 2022 jika tidak ada perubahan”, imbuhnya.
Senada dengan Agung, Adi Tri Prasetyo sebagai Analis Kebijakan pada Diskominfo Kota Cilegon menuturkan bahwa secara historikal implementasi Call Center 112 mulai beroperasi sejak tahun 2018, dan terus dikembangkan hingga saat ini. Saat ini layanan Call Center 112 ini telah beroperasi 1 x 24 jam x 7 hari dengan sistem 3 shift. “Hambatan dan Tantangan tentu ada, bahkan mungkin hampir di semua kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan Call Center 112 ini juga sama hambatan dan tantangannya. Namun selama ini masih dapat diatasi dengan daya dukung yang ada”, jelas Adi. Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, saat ini layanan Call Center 112 ini telah berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat melalui pembuatan film pendek bertemakan kejadian darurat yang telah di upload di Youtube Channel Pemerintah Kota Cilegon, sosialisasi melalui Radio, sosialisasi melalui media sosial Instagram, dan lain sebagainya. Dengan harapan masyarakat akan semakin memahami dan dapat menggunakan layanan Call Center 112 ini dengan baik dan bijaksana.
Perlu diketahui bersama bahwa penyelenggaraan layanan Call Center 112 Pemerintah Kota Cilegon ini salah satunya mendukung tercapainya Visi dan Misi Pemerintah Kota Cilegon, Menuju Kota Cilegon yang Maju, Modern, dan Bermartabat. Melalui pesannya di video film pendek Call Center 112 Kota Cilegon, Walikota Cilegon Helldy Agustian menyampaikan kepada masyarakat untuk dapat menggunakan layanan Call Center 112 ini secara baik dan bijaksana.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

TV KONTAK BANTEN LIVE

DISHUB KOTA CILEGON

DISHUB KOTA CILEGON

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Dinas Pendidikan Kota Serang

Dinas Pendidikan Kota Serang

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

PERKIM KOTA CILEGON HUT RI KE 77

PERKIM KOTA CILEGON HUT RI KE 77

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

TV KONTAK BANTEN STRIMING

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

TV KONTAK BANTEN

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PANCASILA ADALAH NKRI

PANCASILA ADALAH NKRI

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support