Sunday 19 March 2023

Media Massa dan Kepribadian

 

Era globalisasi menjadi era dimana manusia diberikan kemudahan untuk melihat betapa luasnya dunia. Media massa telah menjadi sarana terbaik di era modern ini. Sejak awal kemerdekaan hingga sekarang media tetap mempunyai peran penting dalam perkembangan. Melalui media massa lah, komunikasi dapat terjalin antar negara secara luas.

Media massa telah memiliki peran penting dalam proses kehidupan, media massa adalah sebagai bentuk sosialisasi tentang nilai-nilai baik yang dikemas melalui berbagai tayangan atau tulisan.

Media massa menurut Dennis McQuail (2000:4) merupakan media yang mampu menjangkau massa dalam jumlah besar dan luas yang bersifat publik dan dapat memberikan popularitas kepada siapa saja yang muncul di media massa.

Media massa yang berlindung dalam pers mempunyai kekuatan sebagai pembebas manusia dari  kebodohan. Media mampu menggalang persatuan dan opini publik terhadap suatu peristiwa. Tak heran jika acap kali sebuah media  sengaja menayangkan berita dengan berulang-ulang dengan harapan khalayak akan memberikan opini/pendapat yang sama terhadap suatu peristiwa yang sedang hangat dibicarakan.

Media massa adalah salah satu tempat pembentuk opini publik.

Lewat pesan yang disampaikan, media massa bisa saja menyulap kepribadian seseorang. Media massa bak kapsul yang dimasukan ke tubuh penikmatnya dan kemudian membiarkan  informasi-informasi tersebut menyebar lalu dicerna oleh khalayak.

Media massa bukanlah sekadar industri  bisnis semata, yang hanya mencari keuntungan dari iklan atau hanya sebagai  wadah wartawan bekerja. Tetapi juga telah tumbuh dengan segala bentuk sarana untuk menyalurkan dan mempublikasikan berita kepada khalayak.

Bentuk media yang merupakan sarana jurnalistik yang dikenal terdiri atas media cetak, media elektronik, dan media online.

Hal yang patut dipahami dalam hal ini adalah bahwa hampir seluruh aktivitas kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari keberadaan media massa, seperti tiada hari tanpa berita.

“Media itu kan alat komunikasi. Komunikasi adalah menyampaikan pesan. Masing-masing media massa akan mempengaruhi pembaca, pemirsa, dan pendengarnya. Secara kepribadian banyak orang berubah setelah menerima pesan. Baik itu penampilan atau style, gaya bicara cara makan maupun cara beragama.”

Sebut saja tayangan televisi. Siapa yang tak mengenal kotak magic bernama televisi? Televisi masih menduduki peringkat tertinggi sebuah media massa dalam mempengaruhi masyarakat.

Berdasarkan data yang tertera, televisi merupakan media massa yang dominan dan telah memperoleh kepercayaan yang besar dari masyarakat yaitu sebesar 90 % jika dibandingkan dengan media massa lainnya seperti radio, surat kabar, dan majalah. Andi Alimudin (Televisi dan Masyarakat Pluralistik :2015).

Kita ambil saja contoh adegan ditelevisi yang memberikan rangsangan masyarakat untuk menirunya. Padahal sudah jelas semua orang tahu bahwa apa yang disajikan itu semua bukan yang terjadi sebenarnya. Beberapa stasiun televisi banyak memproduksi cerita anak sekolah yang tidak berkualitas. Seperti tauran, bolos saat pelajaran, bullying, atribut sekolah yang urak-urakan dan melawan guru. Terkadang efeknya memang tidak langsung terlihat dalam sekejap mata dan juga tidak disadari.

Beralih dari sekedar dunia hiburan, istimewanya sebuah media massa televisi ini yakni dapat memojokkan satu hal yang terpenting dalam negara sekalipun. Pemberitaan-pemberitaan yang dimuat sebagai produk jurnalistik terkadang menjadi perbincangan hangat dimasyarakat. Beberapa waktu lalu, dapat diingat kembali Indonesia berguncang dengan kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur Jakarta, Basuki Tjahjha Purnama atau lebih dikenal dengan Ahok. Bahkan sebelum adanya tindakan dari pengadilan, sudah terlebih dulu opini publik menyatakan status bersalahnya.

Pemberitaan yang tersebar di Indonesia tidak hanya disorot oleh media televisi saja, adalagi yaitu radio. Walaupun sudah menipisnya penggemar radio. Namun, bukan berarti mereka tidak memberikan pengaruh terhadap perkembangan audience. Jauh sebelum munculnya televisi, radio sudah terlebih dahulu melalangbuana dalam pergelutan negara. Dalam prosesnya siaran untuk memberikan informasi, radio mempunyai trik tersendiri dalam mengajak pendengar agar bergabung dalam aktivitasnya.

Selain itu, ada juga media cetak yang kini eksistensinya mulai terkalahkan oleh televisi tetapi media cetak masih konsisten dalam mencetak lembaran demi lembaran  koran-koran setiap harinya. Para pembaca mungkin saja berkurang dari setiap tahunnya, tapi tidak memungkinkan koran mati begitu saja. Media cetak tetap ada dengan membuktikan berbagai kelebihannya. Informasi yang diberikan lebih lengkap dan dikemas secara mendalam dengan proses produksi yang lama.

Saat ini pertumbuhan media massa sangat pesat. Terlebih lagi media online. Portal-portal berita yang tercanggih sekalipun dengan berbagai varian kini lahir untuk memberikan warna terhadap pembacanya. Hal yang disayangkan dari media ini ialah fakta yang terungkap, masih banyak kasus publikasi berita yang tak sesuai kaidah jurnalistik. Istilah berita tersebut sedang tenar di masa kini yaitu “Hoax”. Berita bohong tersebut dengan mudah meracuni setiap massa dalam hitungan detik saja.

Dari berbagai jenis media massa diatas dapat kita simpulkan bahwa beragam media di Indonesia menjadi pembentuk karakter masyarakatnya. Keberadaaan media massa dalam menyajikan informasi cenderung memicu perubahan serta banyak membawa pengaruh pada penetapan pola hidup masyarakat. Beragam informasi yang disajikan dinilai dapat memberi pengaruh yang berwujud positif bahkan negatif. Secara perlahan-lahan namun efektif, media membentuk pandangan masyarakat terhadap bagaimana seseorang melihat pribadinya dan bagaimana seseorang seharusnya berhubungan dengan dunia sehari-hari.

Maka dari itu, dikehidupan ini, ada karakter seseorang yang rentan terpengaruh dan ada yang anti pengaruh. Biasanya seseorang akan meniru segala sesuatu yang berhubungan dengan idolanya tersebut baik dalam hal berpakaian, berpenampilan, potongan rambutnya ataupun cara berbicara yang mencerminkan diri idolanya (Trimarsanto, 1993:8).

Hal tersebut diatas cenderung lebih berpengaruh terhadap generasi muda.Pola perilaku mereka, sedikit demi sedikit dipengaruhi oleh apa yang mereka terima dari sajian media yang mungkin melenceng dari tahap perkembangan jiwanya maupun norma-norma yang berlaku. Hal ini dapat terjadi bila tayangan atau informasi yang mestinya dikonsumsi oleh orang dewasa tetapi malah jadi tontonan  anak-anak. Keterpengaruhan tersebut kembali lagi pada karakter seseorang. Bagaimana mereka mengolah sebuah informasi menjadi hal penting. Khusus untuk anak-anak, kontrol dari orang tua sangat penting.

Maka dari itu “melek media” dalam abad ini sangat diperlukan. Melek media adalah kemampuan untuk memahami pesan yang diberikan oleh media massa. Menurut para ahli dalam (Chang, Sup, 2001: 424) melek media adalah : 1. Kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan pesan. 2. Pengetahuan tentang bagaimana fungsi media dimasyarakat. 3. Pemahaman kebudayaan, ekonomi, politik, dan keterbatasan teknologi dalam suatu kreasi, produksi, dan transmisi pesan. 4. Fokus utama mengevaluasi secara krisis tentang pesan, dan cara mengkomunikasikannya. Jadi, “Melek media” dapat membantu setiap insan penikmat media massa agar dapat memilah mana tayangan yang baik, yang buruk, mana informasi yang benar, yang salah, bahkan.

(Diskominfo/Fera)

Share:

0 comments:

Post a Comment

UCAPAN IDUL FITRI 1445 H

UCAPAN IDUL FITRI 1445 H

DPRD BENGKULU

DPRD BENGKULU

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

PERKIM KOTA CILEGON

PERKIM KOTA CILEGON

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON

Sekretariat DPRD Tangerang

Sekretariat DPRD Tangerang

DPRD KOTA SERANG

DPRD KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

segenap Crew Mohon Maaf Lahir Dan Batin

segenap Crew Mohon Maaf Lahir Dan Batin

BAPENDA PROVINSI BANTEN

BAPENDA PROVINSI BANTEN

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

DPRD SIDOARJO IDUL FITRI 1445 H

DPRD SIDOARJO IDUL FITRI 1445 H

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

PERTAMINA 2024

PERTAMINA 2024

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

SELAMAT HUT KORPRI 2023

SELAMAT HUT KORPRI 2023

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

PEMERINTAH BANYUWANGI

PEMERINTAH BANYUWANGI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2024

RESOLUSI TAHUN 2024

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

PEMERINTAH SUBANG JABAR

PEMERINTAH SUBANG JABAR

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support