JAKARTA ( KONTAK BANTEN0 Kementerian Koordinator Bidang
Perekonomian membangun kolaborasi untuk memperkuat sinergi antar humas
kementerian dan lembaga, terutama yang berada dalam lingkup koordinasi. Kolaborasi
diawali dengan pembahasan mengenai beragam praktik kehumasan yang
terkait strategi komunikasi publik, dengan menggali lebih jauh best practices yang selama ini telah berjalan.
“Pemerintah
juga harus senantiasa mempublikasikan kinerjanya dan ini juga memacu
kehumasan di kementerian dan lembaga untuk selalu aktif bergerak. Jadi
kesempatan ini sangat baik untuk kita sharing, dan mudah-mudahan momen ini berlanjut dan dalam lingkup lebih besar,” jelas Kepala Biro KLIP Haryo Limanseto dalam Rapat Koordinasi Literasi dan Kepustakaan di Bogor, Jumat (26/05/2023).
Jaringan
antar kementerian dan lembaga mutlak diperlukan untuk memperkuat
efektivitas komunikasi publik program Pemerintah yang tentunya
menyangkut hajat hidup orang banyak. “Selain itu, kami juga memperkuat
koordinasi antara kedeputian di internal Kemenko Perekonomian,” ujar
Karo KLIP Haryo.
Agar
komunikasi publik berlangsung dengan semakin efektif, pilihan strategi
tentu menjadi hal yang sangat penting. Unit Humas dan Strakom Biro KLIP
sendiri telah menerapkan sejumlah strategi di antaranya berupa penguatan
relevansi target, penguatan indikator capaian, pengayaan produk,
penyempurnaan mekanisme, akselerasi utilisasi Studio EkonIcon, dan
optimalisasi kanal-kanal distribusi publikasi.
Pranata
Humas Madya Kemenko Perekonomian Ferry Surfiyanto menyatakan arti
penting pilihan strategi untuk mengantisipasi tantangan serta dinamika
yang ada. Kondisi nasional dalam memasuki tahun politik yang akan
mempengaruhi intensitas pemberitaan perekonomian, kecepatan pemberitaan
media, penyederhanaan penyampaian informasi publik agar lebih mudah
dipahami, menjadikan referensi bagi kalangan akademisi, dinamika
perubahan preferensi publik, peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat,
serta keikutsertaan Indonesia dalam berbagai forum internasional menjadi
tantangan yang diperkirakan muncul di tahun 2023.
“Yang
terpenting untuk menjadikan Kemenko Perekonomian sebagai referensi
utama pemberitaan kebijakan perekonomian Indonesia, nomor satu kita
harus mampu menjadi trusted source dan menjaga kredibilitas,” ungkapnya.
Koordinasi
dan kolaborasi antar Humas Kementerian/Lembaga juga harus terus
dibangun dengan dilandasi semangat untuk menyatukan gerak langkah.
“Semangatnya kebersamaan, untuk mendorong perubahan agar Humas
Pemerintah dapat terus bergerak ke arah yang lebih baik,” tandas Ferry.
0 comments:
Post a Comment