Saturday 15 June 2024

Adu Jaringan di PILKADA Gubernur Banten 2024

 

 

 ADA yang menarik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 khususnya di Provinsi Banten. Pilkada di provinsi yang terletak di paling barat Pulau Jawa ini menyajikan perang bintang yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan Pilkada di provinsi-provinsi tetangganya.
 
Terdapat banyak nama yang mengikuti penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Provinsi Banten melalui berbagai partai politik yang ada. Namun, dari sekian banyak nama yang beredar, terdapat setidaknya empat nama yang sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Provinsi Banten.yang menarik pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 khususnya di Provinsi Banten. Pilkada di provinsi yang terletak di paling barat Pulau Jawa ini menyajikan perang bintang yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan Pilkada di provinsi-provinsi tetangganya.
 
Terdapat banyak nama yang mengikuti penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah Provinsi Banten melalui berbagai partai politik yang ada. Namun, dari sekian banyak nama yang beredar, terdapat setidaknya empat nama yang sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat Provinsi Banten.
 
Pertama  Achmad Dimyati Natakusumah mantan Bupati Pandeglang (2000 – 2009) dan politikus Senayan (2009 – sekarang). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 
Perjalanan Karir yang Cukup Lama ini di Jalani Oleh Mr Dim Julukan Ketika Menjadi Bakal Calon Gubernur Banten 2024 dan Pernah Menjabat Sebagai Bupati Pandeglang Terkenanl juga memiliki Jaringan Keluarga Yang Solid pernah menjadi Ketua DPW PPP Banten cukup di Perhitungan oleh Kanidat Lain Sekarang Mr Dim Gabung dengan PKS yang cukup solid dalam Kaderisasi dan Loyalitas Pemilih dan DalamPerolehan Suara di DPRD Banten Suara Sama dengan Golkar

 Kedua adalah Arief R. Wismansyah, politisi Partai Demokrat, Wakil Walikota Tangerang (2008 – 2013) dan Walikota Tangerang dua periode (2013 – 2018 dan 2018 – 2023).
 
Ketiga adalah Iti Octavia Jayabaya politisi Partai Demokrat, anggota DPR RI (2009 – 2013), sekaligus Bupati Lebak dua periode (2014 – 2019 dan 2019 – 2024).
 
Keempat adalah Rano Karno, politisi PDIP-P, anggota DPR RI (2019 – 2024), Wakil Bupati Tangerang (2008 – 2011), Wakil Gubernur Banten (2012 – 2014), Plt. Gubernur (2014 – 2015) dan Gubernur Banten (2015 – 2017).
 
TRACK RECORD
 
Jika dilihat dari faktor pengalaman pemerintahan, maka keempat Bakal Calon Gubernur Banten 2024 di atas adalah orang-orang yang memiliki pengalaman cukup panjang sebagai punggawa di daerahnya masing-masing.
Berbagai prestasi mereka torehkan selama menjabat sebagai Kepala Daerah. Hal ini terbukti dari diraihnya berbagai penghargaan dari berbagai lembaga oleh keempat Bakal Calon Gubernur Banten 2024 di atas selama menjabat sebagai Kepala Daerah.
Arief R. Wismansyah, misalnya, selama 10 tahun memimpin Kota Tangerang, telah meraih penghargaan nasional hingga internasional. Tidak kurang dari 298 penghargaan baik untuk Pemerintah Kota (Pemkot) maupun individu dia sabet selama menjadi Walikota Tangerang.
Demikian pula dengan Airin Rachmi Diany, sejumlah penghargaan diraihnya selama menjabat sebagai 
 
Walikota Tangerang Selatan dua periode, baik untuk Pemkot maupun individu. Penghargaan individu di antaranya Kepala Daerah Paling Inovatif dan penghargaan lainnya.
Tak kalah dengan yang lainnya, Iti Octavia Jayabaya juga mendapatkan berbagai penghargaan baik sebagai Bupati maupun individu. Beberapa penghargaan yang didapatkan oleh Iti di antaranya Perempuan Inspirasi Indonesia, Top Pembina BUMD, Kepala Daerah Inovatif, dan lain-lain.
Penghargaan yang diraih Rano Karno juga tidak kalah mentereng dengan yang lainnya. Sebagai politisi dan Kepala Daerah beberapa penghargaan berhasil dikoleksi oleh Rano Karno seperti Satyalancana Pembangunan, dan Satyalancana Wira Karya.
 
KARIER POLITIK
 
Airin Rachmi Diany, sebagai politisi Partai Golkar sukses terpilih sebagai Anggota DPR-RI periode 2024 – 2029 dari Dapil Banten III dengan suara terbanyak yaitu 302.878 suara. Jumlah suara tersebut jauh mengungguli caleg-caleg lainnya dari berbagai partai di dapil yang sama. Airin saat ini juga menjabat sebagai Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG).
 
Rano Karno memastikan diri untuk kembali menjadi anggota DPR-RI periode 2024 – 2029 dengan meraih 149.397 suara dari Dapil Banten III sama dengan Airin. Ini adalah kali kedua Rano Karno terpilih sebagai anggota DPR-RI dari PDI-P. Namun demikian, Rano pernah juga menjadi anggota MPR-RI dari Fraksi Utusan Golongan perwakilan artis pada tahun 2002 – 2007.
Berbeda dengan Airin dan Rano, Iti Octavia Jayabaya yang berpengalaman sebagai politisi Senayan pada tahun 2009 – 2013, pada pileg 2024 ini gagal melaju menjadi anggota DPR-RI periode 2024 – 2029. Namun demikian, Iti saat ini masih menduduki jabatan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Banten sampai 2026.
 
Seperti halnya Iti Octavia Jayabaya, Arief R. Wismansyah juga adalah politisi dari Partai Demokrat. Sayangnya, Arief belum pernah menduduki jabatan sebagai anggota legislatif. Namun demikian, keberhasilan Arief sebagai politisi tidak dapat diragukan lagi dengan bukti pernah menduduki posisi Wakil Walikota satu periode dan Walikota dua periode.
 
Potensi Dukungan Suara
 
Dilihat dari sisi potensi dukungan suara, keempat Bakal Calon Gubernur Banten 2024 – 2009 ini memiliki keunikan masing-masing. Keempat Bakal Calon Gubernur tersebut telah terbukti sebagai pemenang dalam pilkada-pilkada sebelumnya di daerahnya masing-masing.
Pada Pilkada 2017, Rano Karno memperoleh 49,05% suara rakyat Banten, terpaut tipis dengan Wahidin Halim sebagai Gubernur Banten terpilih yang memperoleh 50,95%. Kondisi ini tentu tidak dapat dipandang enteng oleh bakal calon yang lain, mengingat dukungan rakyat terhadap PDI-P di Provinsi Banten pada pemilu 2024 masih tinggi yakni berada di posisi ketiga perolehan suara. Potensi dukungan akan semakin besar, jika Rano Karno didukung juga oleh partai lain.
 
Sementara itu, dengan dukungan dari Partai Golkar sebagai partai pemenang pemilu 2024 di Provinsi Banten, Airin seperti berada di atas angin. Dengan meraih suara terbanyak di Dapil Banten III pada pileg 2024, dapat menjadi ukuran dukungan masyarakat Tangerang Raya kepadanya. Ditambah lagi dengan kultur sebagian rakyat Banten yang masih menghormati keluarga besar dari suami Airin yakni keluarga besar H. Tb. Chasan Sochib.
 
Selanjutnya, Arief R. Wismansyah Walikota Tangerang dua periode memiliki potensi dukungan suara yang kuat dari warga Kota Tangerang. Dengan jumlah masyarakat kedua terbanyak di Banten setelah Kab. Tangerang, warga Kota Tangerang adalah potensi luar biasa untuk Arief. Potensi ini akan bertambah jika Arief dapat memaksimalkan dukungan suara masyarakat di Kab. Tangerang. Sebagai pengusaha, Arief juga memiliki potensi dukungan suara tersendiri.
 
Demikian pula dengan Iti Octavia Jayabaya, kemenangan dua kali dalam kontestasi pilkada Lebak dapat menjadi bukti dukungan masyarakat terhadap Iti. Dengan dukungan Partai Demokrat dimana Iti menjabat sebagai Ketua DPD, tentu akan lebih mudah menggerakkan mesin partai. Terlebih lagi, Iti juga memiliki potensi dukungan suara dengan memanfaatkan nama besar orang tuanya yaitu Mulyadi Jayabaya yang juga pernah menjabat sebagai Bupati Lebak 2003 – 2013.
Sejatinya, masih ada bakal calon Gubernur lainnya yang juga termasuk dalam kategori bintang dan tidak kalah bersinar dibanding dengan keempat bakal calon yang sudah dibahas di atas. Misalnya, Wahidin Halim mantan Walikota Tangerang (2003 – 2013) dan Gubernur Banten (2017 – 2022). Kemudian, Achmad Dimyati Natakusumah mantan Bupati Pandeglang (2000 – 2009) dan politikus Senayan (2009 – sekarang).
Dalam perjalanan tahapan Pilkada 2024 yang masih cair ini, peluang koalisi di antara mereka sangatlah besar. Pendaftaran ke KPUD baru akan dilakukan akhir Agustus 2024 dan penetapan calon oleh KPUD di akhir September 2024.
Siapa pun calon gubernurnya, semoga yang terpilih nantinya mampu membawa Provinsi Banten menjadi lebih baik lagi. Jadilah pemilih yang cerdas, yakni pemilih yang melihat calon dari sisi kualitas, dan tidak terjebak dengan kepentingan pragmatis dan rayuan maut “isi tas” dari para calon dan tim suksesnya. (*)
 

Oleh: Rica Rosa Pemerhati Politik

 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Minat Klik - PT. Anugrah Cahaya Plafonpvc

UCAPAN IDUL ADHA 1445 H

UCAPAN IDUL ADHA 1445 H

HUT BYANGKARA ADHA PEMERINTAH BENGKULU

HUT BYANGKARA ADHA PEMERINTAH BENGKULU

BAPENDA BANTEN IDUL ADHA 1445 H

BAPENDA BANTEN IDUL ADHA 1445 H

PEMRINTAH BENGKULU HUT BENGKULU

PEMRINTAH BENGKULU HUT BENGKULU

IDUL ADHA 1445 H

IDUL ADHA 1445 H

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

PERKIM KOTA CILEGON IDUL ADHA 1445 H

PERKIM KOTA CILEGON IDUL ADHA 1445 H

BAPENDA PROVINSI BANTEN

BAPENDA PROVINSI BANTEN

IDUL ADHA 1445 H

IDUL ADHA 1445 H

Idul Adha 1445 H

Idul Adha 1445 H

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

BUMN PEDULI BANGSA

BUMN PEDULI BANGSA

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

IBU KOTA NUSANTARA

IBU KOTA NUSANTARA

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

PEMERINTAH BANYUWANGI

PEMERINTAH BANYUWANGI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2024

RESOLUSI TAHUN 2024

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

PEMERINTAH SUBANG JABAR

PEMERINTAH SUBANG JABAR

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support