Sahabat Kontak Banten , media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat secara umum di era digital saat ini. Sebagai pelaku usaha yang memiliki bisnis online, Sahabat kontak banten juga tentu membutuhkan media sosial untuk menjangkau banyak pelanggan, bukan?. Oleh sebab itu, pengelolaan media sosial sangat penting untuk diperhatikan dan tidak bisa dianggap sepele.
- T (True) – “Is it true?”
Apakah konten yang dibagikan di media sosial maupun laman website adalah sesuatu yang dapat dibuktikan kebenarannya? Misalnya, informasi tentang produk dan bisnis atau pun informasi yang memiliki kaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan.
Hal ini penting untuk menghindari penyebaran hoaks atau (berita bohong). Apabila konten yang dibagikan tersebut ternyata tidak dapat dibuktikan kebenarannya, maka pembuat konten dapat dihukum karena melanggar UU ITE (Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik).
- H (Helpful) – “Is it helpful?”
Apakah konten yang dibagikan di media sosial maupun laman website dapat bermanfaat bagi pelanggan atau pengguna media sosial secara umum? Apakah konten tersebut sudah dapat memberikan informasi yang cukup bagi pelanggan? Apabila konten yang ditampilkan tidak sesuai dengan harapan pelanggan dan tidak memuaskan maka mereka mungkin akan berhenti menjadi pengikut (followers) di media sosial maupun laman website. (Inspiring) – “Is it inspiring?”
Apakah konten yang dibagikan di media sosial maupun laman website dapat menginspirasi para pelanggan? Misalnya pada bisnis fashion, konten yang dibagikan dapat berupa foto gaya OOTD (Outfit of The Day) dari para model di dalam negeri maupun luar negeri. Konten seperti ini tentu dapat menginspirasi para pelanggan dalam hal berbusana. Contoh lainnya, untuk bisnis furniture, konten dapat berupa foto contoh penataan ruang kerja, kamar tidur, maupun dapur.
Nah, Sahabat kontak banten dapat mencari referensi gambar yang sesuai dengan produk bisnis yang sedang dijalankan saat ini melalui aplikasi Pinterest. Jika mengunggah gambar dari pinterest, jangan lupa untuk selalu mencantumkan link atau keterangan sumber gambar yang diperoleh.
- N (Necessary) – “Is it necessary?”
Apakah konten yang dibagikan di media sosial maupun laman website benar-benar diperlukan? Jangan sampai informasi dalam konten tersebut bukanlah hal yang penting untuk disampaikan kepada para pelanggan. Memang sah-sah saja bila Sahabat kontak banten ingin membagikan opini, ide, maupun pandangan tentang sebuah topik namun perlu diperhatikan agar konten yang dibagikan memiliki motivasi yang baik dan benar.
Jika hanya berupa konten iseng atau omong kosong belaka, tentu hal ini akan membuat konten tersebut menjadi tidak menarik. Beberapa ide konten yang dapat dibagikan selain foto-foto produk misalnya kutipan-kutipan yang menginspirasi dan memotivasi pebisnis, hingga video testimoni dari para pelanggan.
- K (Kind) – “Is it kind?”
Apakah konten yang dibagikan di media sosial maupun laman website memuat kata-kata yang baik seperti kata-kata yang bukan merupakan ujaran kebencian dan penghinaan, yang tidak menyinggung suatu suku maupun ras, maupun kata-kata yang tidak pantas lainnya.
Selain itu, sebagai pelaku usaha, Sahabat kontak banten perlu menghargai hak setiap pengguna media sosial untuk berkomentar di setiap unggahan konten yang dibagikan. Respon yang diberikan haruslah diberikan dengan menggunakan kata-kata yang baik meskipun komentar yang diperoleh tidak begitu baik. Hal ini tentu akan memikat hati para pelanggan maupun pengguna media sosial secara umum.
Dalam ruang digital, bukan hanya kesehatan sebuah konten yang perlu dijaga melainkan kesehatan mental seseorang pun perlu dijaga dengan baik. Jika konten yang dibagikan merupakan konten yang baik, inspiratif, dan dapat memotivasi maka konten tersebut dapat menyehatkan mental pengguna media sosial lainnya. Ini merupakan langkah kecil yang sangat berarti.
Ibarat menabur satu kebaikan kecil demi menuai beribu kebaikan di masa mendatang, maka Sahabat Wirausaha tidak perlu ragu dalam membagikan konten-konten yang baik dan inspiratif bagi para pelanggan karena hal tersebut dapat memberikan keuntungan bagi bisnis yang sedang dijalankan oleh Sahabat kontak banten , di masa mendatang. Bukan hanya produk laris manis terjual, namun pelanggan menjadi betah dan tetap loyal menggunakan produk bisnis milik Sahabat Wirausaha loh.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, benahi ruang digital sejak dini sehingga tercipta konten-konten yang sehat. Nah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Wirausaha yah.
0 comments:
Post a Comment