Friday, 5 May 2017

Seorang model mengenakan jilbab rancangan Anniesa Hasibuan di New York Fashion Week 2016.



MAKIN banyak merek fesyen dan perusahaan multinasional yang menawarkan kerudung dan jilbab. Tapi, dengan beberapa alasan, tak semua perempuan Muslim menyambut positif tren ini.
Dolce and Gabbana, H&M, Pepsi, dan Nike termasuk di antara merek atau perusahaan yang membuat koleksi bagi para Muslimah. Iklan perempuan yang mengenakan kerudung dan jilbab sudah masuk ke ruang-ruang publik.
Belum lama ini muncul kontroversi yang diakibatkan oleh iklan Pepsi yang dibintangi Kendall Jenner karena dianggap melemahkan arti penting aksi unjuk rasa di jalan yang dilakukan masyarakat.
Bagi wartawan Muslim Tasbeeh Harwees, yang juga menjadi pertanyaan dari iklan tersebut adalah citra atau penggambaran seorang perempuan berjilbab yang memotret demonstrasi.
“Perusahaan bernilai miliaran dolar menggunakan penggambaran seorang perempuan Muslim untuk memproyeksikan citra progresif, yang mungkin saja tidak seperti itu kenyataannya,” kata Harwees kepada BBC Trending.
Pepsi jelas bukan satu-satunya perusahaan yang memberi perhatian pada perempuan berjilbab.
Nike beberapa waktu lalu mengumumkan produk jilbab yang bisa dipakai oleh perempuan yang aktif yang akan akan tersedia mulai 2018.
H&M sudah menggunakan model Muslim di berbagai iklan mereka dan sejumlah merek juga telah meluncurkan ‘Koleksi Ramadan’ dengan harapan bisa menarik lebih banyak konsumen Muslim untuk membelanjakan uang mereka selama bulan suci.
Antara feminisme, komersialisme, dan nilai agama
Menurut Harwees, citra perempuan Muslim dipakai oleh merek atau perusahaan untuk berkomunikasi dengan para konsumen dengan mengirim pesan bahwa mereka adalah perusahaan yang ‘progresif’ atau ‘inklusif’.
Yang juga ramai diperbincangkan adalah popularitas blog-blog fesyen jilbab dan video tutorial yang dikhususkan bagi perempuan berjibab, yang ditonton jutaan kali.
Namun beberapa kalangan khawatir blog dan video semacam ini justru mengalihkan alasan utama menutup kepala: bukan karena alasan ajaran agama tapi agar dipandang lebih modis.
Muncul juga kekhawatiran bahwa urusan menutup aurat bagi perempuan Muslim, yang mestinya adalah hal yang suci, ‘tercampuri atau terkotori oleh komersialisme’.
Khadija Ahmed -editor majalah online Another Lenz- mengatakan merek atau perusahaan yang mempromosikan jilbab justru bisa mendorong orang untuk tidak mengenakan penutup kepala tersebut.
“Kami tak memerlukan dukungan perusahaan arus utama untuk menunjukkan identitas kami,” kata Ahmed.
Ditambahkan bahwa jilbab adalah bagian dari pengejawantahan ibadah dalam kehidupan sehari-hari, namun komersialisasi membuat jilbab hanya sekedar fashion statement.
Ia tadinya memakai jilbab selama dua tahun namun sekarang memutuskan untuk tidak lagi memakainya karena merasa tertekan oleh foto-foto perempuan berjilbab yang banyak di iklan atau di media sosial.
Ahmed tak ingin dianggap memakai jilbab karena tren atau karena ingin dipandang modis.
Aspek politik
Perdebatan menjadi makin kompleks ketika ada aspek politik, seperti disampaikan wartawan dan aktivis perempuan Iran, Masih Alinejad.
Ia memulai kampanye di Facebook yang menampilkan foto-foto perempuan Iran yang tidak mengenakan jilbab sebagai simbol untuk protes terhadap pemerintah.
“Media di Barat ingin mengangkat masalah jilbab, mereka ingin berbicara tentang Muslim yang menjadi minoritas di Barat. Tapi mereka lupa dengan jutaan perempuan di negara Muslim yang dipaksa memakai jilbab,” kata Alinejad.
“Jika Anda ingin berbicara tentang jilbab dan menggambarkannya sebagai simbol feminisme atau perlawanan, maka Anda harus menyinggung pula kaum perempuan yang dipaksa memakainya,” kata Alinejad.
Reaksi keras seperti ini mungkin akan terus bergulir, tapi mengapa merek tetap ingin mengangkat dan mempromosikan jilbab?
“Saat ini segmen konsumen Muslim terus berkembang dan mereka punya aspirasi gaya hidup dan mestinya gaya hidup tersebut terwadahi, seperti halnya aspirasi gaya hidup yang lain,” kata Shelina Janmohamaed.
Ia adalah wakil presiden Ogilvy Noor, bagian dari perusahaan iklan raksasa WPP yang membantu perusahaan-perusahaan memasarkan produk konsumen Muslim di seluruh dunia.
Baginya ini persoalan permintaan dan bagaimana perusahaan memenuhi permintaan tersebut.
Tak semuanya mengkhawatirkan tren merek atau perusahaan yang menggarap pasar jilbab.
Hend Amry, yang mendapat julukan ‘ratu Twitter Muslim’ -meski ia mengatakan kadang tak nyaman dengan atribusi ini- mengatakan ada sisi-sisi positif dari makin maraknya perdebatan di internet tentang jilbab.
“Ada perempuan-perempuan Muslim berjilbab yang mencuit tentang hal-hal jenaka atau membagi kearifan atau kepribadian mereka… hanya dengan melakukan hal-hal semacam ini saja langsung terhapus prasangka tentang perempuan Muslim yang tertindas. Ini perkembangan yang baik,” kata Amry.
Ia mengatakan hanya ada satu perubahan yang perlu dilakukan perempuan Muslim, yaitu berbicara terbuka tentang mereka. Kalau itu dilakukan, maka narasi yang berkembang akan dengan sendirinya sesuai dengan apa yang diinginkan. (BBC)
Share:

0 comments:

Post a Comment

BERBUAT BAIKLAH SESUNGUHNYA UNTUK DIRI KITA

BERBUAT BAIKLAH SESUNGUHNYA UNTUK DIRI KITA

SEGENAP CREW WWW.KONTAKBANTEN.CO.ID IDUL FITRI

SEGENAP CREW WWW.KONTAKBANTEN.CO.ID IDUL FITRI

DINAS PENDIKAN BANTEN SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

DINAS PENDIKAN BANTEN SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL

MOHON MAAF LAHIR BATIN IDUL FITRI 1446 H

MOHON MAAF LAHIR BATIN IDUL FITRI 1446 H

Silakan Klik Kerja sama Publikasi

MOTO KAMI


Cermat Cerdas Tepat Dalam Informasi Menjadi Media Inpendent Berita Tanpa Intervensi

Unsur Pimpinan DPR RI 2024 2029

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA 2025

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA 2025

SELAMAT IDUL FITRI 1446 H

SELAMAT IDUL FITRI 1446 H

PT KONTAK MEDIA PERSADA GROUP KLIK

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

IDUL FITRI 1446 H

IDUL FITRI 1446 H

SELAMAT IDUL FITRI 1446 H

SELAMAT IDUL FITRI 1446 H

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

SELAMAT IDUL FITRI 1445 H

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

BUMN PEDULI BANGSA

BUMN PEDULI BANGSA

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

IBU KOTA NUSANTARA

IBU KOTA NUSANTARA

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BANGSA HEBAT PERS KUAT HPN 2025

BANGSA HEBAT PERS KUAT HPN 2025

INFO CPNS DAN PPPK 2025 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

PERKIM BANTEN SELAMAT GUBERNUR BANTEN 2025

PERKIM BANTEN SELAMAT GUBERNUR BANTEN 2025

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

HPN 2025 RESOLUSI TAHUN 2025 PERS LEBIH BAIK

HPN 2025 RESOLUSI TAHUN 2025 PERS LEBIH BAIK

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

HARI PERS NASIONAL 2025 AKU BANGGA JADI INSAN PERS

HARI PERS NASIONAL 2025 AKU BANGGA JADI INSAN PERS

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support