Sabtu, 19 November 2022

Membangun Team Work Yang Handal

 


Bagi seorang pemberdaya, memahami kerja sama itu penting. Karena praktek pemberdayaan berorientasi pada sebuah kerja sama, baik antara pelaku pemberdaya (fasilitator), antara fasilitator dengan masyarakatnya, antara masyarakat dengan masyarakat, maupun kerja sama yang memiliki hubungan satu dengan yang lainnya. 
Dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, tidak terlepas dari adanya sebuah kerja sama yang dilakukan oleh pribadi maupun kelompok guna mencapai sasaran yang diinginkan. Tanpa kerja sama, sebuah pekerjaan sulit diatasi atau membutuhkan waktu yang lama. Secara etika, kerja sama dapat memperingan pekerjaan yang berat.Maka jangan heran jika kita seringkali melihat, mendengar dan menemui adanya team work yang khusus menangani sebuah pekerjaan (proyek) di bidang apapun, baik di perusahaan, instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), maupun di tempat lain. Biasanya team work ini mengedepankan prinsip kapabilitas, profesionalisme dan nuansa kebersamaan. 
Mari kita memahami terlebih dahulu arti team work tersebut. Team work berasal dari dua kata, yaitu “team” dan “work”. 
Team” adalah media setiap individu dapat bekerja secara kolektif dengan penuh sinergi sebagai satu kesatuan yang senyawa. Divisi-divisi kecil merupakan pondasi bagi divisi-divisi yang lebih besar lagi. Divisi-divisi kecil dari sekelompok orang duduk bersama pada akhirnya membentuk keputusan-keputusan dalam suatu pekerjaan, atau aktivitas yang dilakukan dalam sebuah tim memiliki nilai lebih, karena tersedianya berbagai jalinan relasi manusia secara langsung tanpa adanya rintangan–rintangan formal antara individu yang berdampak positif, yaitu dapat memompa semangat anggota tim untuk bekerja secara produktif. Tim kerja dapat membantu menyingkirkan rintangan-rintangan antardivisi serta dapat mengangkat semangat dan motivasi anggota tim. 
Sedangkan “Work” (kerja) adalah kegiatan yang dijalankan oleh tiap individu yang telah memenuhi syarat kesepahaman di dalam tim itu sendiri. Pekerjaan dijalankan atas adanya langkah dan strategi yang disusun sebelumnya oleh beberapa orang yang tergabung di dalam tim itu sendiri. 


Dapat diartikan team work adalah sekumpulan orang, terdiri atas dua orang atau lebih, yang memiliki tujuan serupa, memenuhi syarat kesepahaman, sehingga terbentuk sinergi antarberbagai aktivitas yang dilakukan dalam mencapai sasaran yang dikehendaki. Pada dasarnya, tim kerja merupakan sumber penting bagi proses pemutakhiran pengetahuan, karena tejadi interaksi yang menciptakan sifat-sifat bersama yang membentuk kepribadian setiap individu di dalam suatu tim. Untuk menjalankan roda organisasi atau suatu lembaga yang dilakukan secara kolektif, maka dibutuhkan team work kuat yang mampu mengembangkan kreativitas dan suasana kondusif. 
 
Setiap individu harus diberikan kesempatan dan keleluasaan menumbuhkan kemampuannya sendiri, dan kemampuan itulah yang disatukan menjadi sebuah kekuatan tim dalam menjalankan peranannya.
Sebaliknya, dalam mencapai puncak tertinggi dan keberhasilan tidak mungkin bisa dicapai hanya karena kerja keras seseorang saja. Bagaimanapun tinggi dan supernya kemampuan seorang pemimpin atau anggotanya, tetap saja ia membutuhkan bantuan dari yang lainnya, agar ia mampu mengerahkan segala potensi yang dimiliki tim semaksimal mungkin. Berarti, sebuah tim itu harus saling membutuhkan dan pergerakannya merupakan hasil kerja sama seluruh unsur yang ada di dalamnya.
Membangun tim yang kuat tidaklah mudah, tapi juga tidak sesulit itu. Tergantung bagaimana tim itu digerakkan—tentu melalui sebuah seni menggerakkan tim. Dari berbagai catatan dan pengalaman kita, terdapat sebuah tim yang tidak mencapai sasaran. Bahkan, tidak sedikit tim mengalami konflik internal dan berakhir perpecahan. 
 
Konflik mengakibatkan kondisi tim yang tidak sehat. Antara sesama tim akan saling menjelekkan satu sama lain, saling menghambat kreativitas, saling menjatuhkan, bahkan hingga berakhir benturan fisik. Lebih ekstrim lagi, tujuan tim akan disingkirkan demi mencapai kepuasan dan mengedepankan ego serta ambisi semata. Dari kondisi ini, kerap kali perpecahan tim mempengaruhi kerja dan hasilnya kadang berimbas terhadap orang lain yang tidak tahu menahu tentang kondisi tim. Lazimnya, kondisi tim seperti ini terdapat kekeliruan dalam merencanakan strategi, menerapkan aturan main atau antara anggota tim tidak terjalin sinergi.
Guna mencapai tim yang ideal dimulai dari membangun sinergi dan manajemen tim. Langkah ini lebih efektif diterapkan dalam memperoleh tim yang kuat. 
 
Membangun Sinergi 
 
Memahami setiap individu di dalam tim sangatlah perlu sebagai upaya membangun sinergi dan kebersamaan. Setiap individu memiliki latar belakang yang istimewa, berupa SDM, pemahaman, keahlian, pengalaman, maupun prediksi tantangan yang dihadapi team work. Sinergi team work dapat dicapai ketika setiap individu tim mengubah diri dari sifatnya yang individualistis ke dalam sebuah tim yang sifatnya kolektif. 
Setiap individu harus menghilangkan ego yang berlebihan dari dalam diri masing-masing. Kesuksesan perpindahan tersebut bergantung pada kemampuan anggota tim dalam melakukan interaktif positif dan dalam kerja sama konstruktif di setiap aktivitas tim. 
Membuka diri dan mau menerima peran serta orang lain merupakan permulaan dan membuka jalan bagi kita untuk mempercepat perpindahan menuju satu tim. Lebih dari itu, membuat orang lain lebih terbuka dan lapang dada untuk menerima kita dengan sendirinya telah menghilangkan area tak bertuan yang kita sendiri tidak mengetahuinya jika hanya bersandar pada reaksi orang lain terhadap diri kita.
Bagi komunitas konsultan, membangun sinergi itu penting di seluruh tingkatan, mulai dari tingkat Konsultan Manajemen Pusat (KMP), Konsultan Manajemen Wilayah (KMW), Tim Koordinator Kota (Korkot) hingga Tim Fasilitator. Tim konsultan harus memahami adanya sebuah kerja sama dan membangun sinergi secara horizontal maupun vertikal di internal konsultan. 
Selain itu, saling menghargai dan bernuansa setara satu sama lain dan membuka ruang komunikasi merupakan upaya membangun ikatan emosional di antara tim, sehingga terjalin rasa kebersamaan. Tim yang kuat tidak sekedar hubungan formal dan struktural antara atasan dan bawahan, namun  perlu diperluas menjadi hubungan persahabatan dan persaudaraan. 
Kedua hubungan ini—antara formal-struktural dan persahabatan-persaudaraan—harus berjalan seimbang seiring perjalanan aktivitas tim, dan bukan hanya menerapkan salah satunya saja. Hubungan formal-struktural semata-semata akan berdampak pada komunikasi yang kaku, sikap ekslusif dan elitis.
Sementara hubungan persahabatan-persaudaraan semata akan berdampak pada aktivitas dan kebijakan tim yang cenderung bersifat subjektif dan lamban. Artinya, kesempurnaan hubungan tim dapat dilakukan dengan mengkolaborasikan kedua bentuk hubungan tersebut, yaitu aktivitas tim dijalankan atas dasar kebersamaan, persahabatan dan persaudaraan dengan mengedepankan profesionalisme pekerjaan.
Tim konsultan yang kuat dan kokoh akan mempengaruhi perjalanan program di masyarakat karena keberadaan konsultan bergerak berdasarkan kerja tim. Setiap aktivitas tim konsultan merupakan percontohan bagi masyarakat. Maka dari itu, keteladanan dan kebersamaan tim harus dimiliki, karena akan membawa perubahan bagi masyarakat menuju transformasi sosial.
Apalagi, misi yang diemban tim konsultan adalah mengubah paradigma, mentransfer ilmu pengetahuan, membangun kebersamaan dan kepedulian masyarakat. Prakteknya tentu harus dimulai dari tim konsultan terlebih dulu, setelah itu ditularkan kepada masyarakatnya. 
Ironisnya adalah ketika tim menyuarakan kebersamaan di masyarakat atau di internal konsultan, sementara ia sendiri tidak mampu menjalinkan kebersamaan di tim kerjanya.
 Jadi, kebersamaan tim merupakan harga mati bagi Perusahan di manapun berada dalam menjalankan aktivitasnya.
 
Sindu Adi Pradono SH Co www.kontakbanten.co.id
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

STRIMING TV

PORTO FOLIO WEBSITE Silakan Isi Data

SELAMAT HUT GURU 2022

SELAMAT HUT GURU 2022

SUKSESKAN PORPOV JABAR

SUKSESKAN PORPOV JABAR

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

SELAMAT HUT KABUPATEN LEBAK BANTEN

SELAMAT HUT KABUPATEN LEBAK BANTEN

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN BIMA

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN BIMA

SELAMAT HUT KOTA TANGERANG SELATAN

SELAMAT HUT KOTA TANGERANG SELATAN

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Dinas Pendidikan Kota Serang

Dinas Pendidikan Kota Serang

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

JAGA KESEHATAN AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA

JAGA KESEHATAN AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Pancasila Sakti 2022

Pancasila Sakti  2022

PANCASILA ADALAH NKRI

PANCASILA ADALAH NKRI

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support