PANDEGLANG ( KONTAK BANTEN) Pramuka adalah sebuah pendidikan nonformal yang diikuti oleh para pelajar. Dalam pembinaannya gerakan pramuka bukan isapan jempol belaka, bahkan pramuka dapat membentuk Sumberdaya Manusia (SDM) yang profesional.
“Kualitas pembina serta pelatih pembina pramuka terus ditingkatkan melalui pelatihan yang dilaksanakan oleh pengurus gerakan pramuka,” hal demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta saat menjadi pembina upacara peringatan gerakan pramuka ke 62 tingkat kwartir cabang di Alun -alun Pandeglang, Kamis (23/23).
Sekda Ali Fahmi menjelaskan ada bannyak kegiatan yang dilakukan pengurus Kwartir Nasional (Kwarnas) dan diikuti oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) dalam memperingati hari gerakan pramuka. Hal ini kata Ali Fahmi guna menambah wawasan dan pengalaman para anggota pramuka khususnya Kwarcab dan Kwartir Ranting (Kwaran).
“Kami sangat bangga kepada adik adik yang mewakili pandeglang pada kegiatan bergengsi ditingkat nasional, semoga hasil didapat membawa perubahan positif untuk kemajuan,” ujarnya.
Ali Fahmi juga meminta kepada seluruh jajaran kwarcab hingga kwaran terus solid dan kompak untuk kemajuan ke pramukaan di Pandeglang.
“Kami akan terus suport setiap kegiatan pramuka karena ini wadah yang tepat dalam pembentukan karakter anak,” imbuhnya.
Ketua Kwarcab Pandeglang Dodo Juanda mengatkan kegiatan ke pramukaan dapat membina anak didik yang memiliki karakter.
“Sekarang mungkin tidak terasa, tapi dwasa nanti akan terasa sebab dalam pramuka ditanamkan kemandirian,” terangnya.
Dijelaskan Dodo, pendidikan kepramukaan banyak dilaksanakan di alam terbuka, menarik, menantang, dan mengandung pendidikan dengan menggunakan prisnsip dasar dan metodik kepramukaan.
“Pendidikan dalam gerakan pramuka mencakup nilai yang antara lain keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, tolong menolong, bertanggungjawab dan dapat dipercaya, jernih dalam berpikir, berkata dan dapat dipercaya serta berpegang teguh pada nilai dan norma mayarakat,” pungkasnya. (**)
0 comments:
Post a Comment