Minggu, 09 Oktober 2022

Kecerdasan Interpersonal, Saat Anak Piawai Berkomunikasi dan Beradaptasi

 


Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami emosi dan perilaku orang lain. Pada anak, kecerdasan ini dapat ditandai dengan kemampuan menyampaikan pendapat, cocok bekerja dalam kelompok, hingga piawai berkomunikasi.

Kata interpersonal pertama kali digunakan dalam ranah psikologi pada tahun 1938, yang mengacu pada perilaku antarmanusia.

Kecerdasan interpersonal menggambarkan bagaimana mahirnya seorang individu dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain.

Pada anak, Anda bisa mengidentifikasinya dari kemampuan mereka dalam mengelola hubungan dan mencari jalan keluar dari sebuah konflik.

Apa itu kecerdasan interpersonal?ecerdasan interpersonal adalah salah satu jenis kecerdasan dalam Theory of Multiple Intelligences milik Howard Gardner. Dulu, adanya klasifikasi intelegensi ini berdampak sangat besar bagi dunia pendidikan. Artinya, anak dengan talenta tertentu bisa diarahkan sesuai dengan kemampuan mereka.

Secara garis besar, pengertian kecerdasan interpersonal adalah kemampuan untuk memahami emosi  dan perilaku orang lain. Tak hanya itu, kecerdasan ini juga berarti bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan siapa pun lawan bicaranya.

Meskipun teori kecerdasan interpersonal Gardner kadang dianggap tidak sepenting kecerdasan logis atau matematis, kualitas kehidupan anak dengan jenis kecerdasan ini biasanya lebih baik.

Ciri-ciri kecerdasan interpersonal pada anak

Bagi orangtua dan guru, Anda perlu mengetahui bagaimana memberi ruang yang memadai untuk  dengan jenis perkembangan cerdasan ini.

Untuk membantu Anda dalam mengenalinya, berikut adalah ciri-ciri kecerdasan interpersonal yang dapat diamati pada anak.

1. Piawai berkomunikasi

Karakteristik kecerdasan interpersonal yang pertama adalah piawai berkomunikasi. Baik di kelas maupun di lingkungan interaksi yang lain, anak dengan kecerdasan ini mahir dalam berkomunikasi.

Mereka juga senang berinteraksi dengan orang lain, termasuk melakukan aktivitas yang mengharuskan untuk banyak berkomunikasi.

2. Dapat menyampaikan pendapat

Ciri-ciri kecerdasan interpersonal yang cukup mencolok adalah mampu menyampaikan pendapat dengan baik.

Ketika diminta menyampaikan pendapat, anak dengan kecerdasan ini bisa menyampaikannya dengan gamblang dan jelas. Baik itu secara empat mata maupun di depan publik. 

3. Cocok bekerja dalam kelompok

Salah satu bakat interpersonal adalah cocok bekerja dalam kelompok.

Jadi, jika anak Anda terlihat pandai untuk berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim, bisa jadi mereka memiliki kecerdasan interpersonal.

Anak dengan kecerdasan ini dapat berkontribusi besar saat berada dalam kelompok karena mereka mampu berkomunikasi dengan semua anggotanya.

4. Pemimpin yang baik

Sejak masih kecil pun, anak dengan kecerdasan interpersonal bisa menjadi pemimpin yang baik

Hal ini berkat kemampuan mereka dalam mendelegasikan peran dan tanggung jawab setiap anggota kelompok.

Bahkan, mereka juga bisa mengelola hubungan interpersonal dengan baik ketika ada perbedaan.

5. Peka terhadap perasaan orang lain

Contoh kercerdasan interpersonal yang bisa orangtua lihat adalah peka terhadap perasaan orang lain. Lihatlah bagaimana anak saling berinteraksi dengan anak anak lainnya

Anak dengan kecerdasan interpersonal lebih peka terhadap emosi dan situasi yang ada di sekitarnya hanya lewat interaksi sederhana. Bagi orang dewasa, ini bahkan bisa jadi kemampuan yang langka.

6. Percaya diri

Karakteristik kecerdasan interpersonal selanjutnya adalah percaya diri. Anak dengan kecerdasan ini bukan berarti lebih pandai daripada yang lain.

Namun, mereka sangat percaya diri dalam menggunakan bakatnya dalam bekerja sama dan menghargai ilmu orang lain, bahkan dalam kelompok besar sekalipun.

7. Solidaritas tinggi

Salah satu contoh kecerdasan interpersonal adalah adanya solidaritas tinggi di dalam diri anak.

Anak dengan kecerdasan interpersonal bisa mengerti apa yang sedang dialami atau pernah dirasakan orang lain. Tak hanya itu, mereka juga benar-benar merasa senang terhadap kesuksesan orang lain.

Contoh kecerdasan interpersonal ini dapat membantu anak untuk lebih peduli dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

8. Pendengar yang baik

Pendengar yang baik juga menjadi ciri-ciri kecerdasan interpersonal. Solidaritas yang dimiliki anak dengan kecerdasan ini membuat mereka bisa menjadi pendengar yang baik

Tidak hanya sebagai pendengar, mereka bahkan bisa menjadi konselor atau memberikan nasihat sesuai dengan kapasitasmya.

9. Membuat orang lain nyaman

Salah satu karakteristik kecerdasan interpersonal pada anak adalah mampu membuat orang lain di sekitarnya merasa nyaman.

Anak dengan kecerdasan interpersonal mampu mengerti apa yang sedang dialami oleh orang di sekitarnya. Hal ini membuat banyak orang merasa nyaman dan ingin berada di dekat mereka.

Salah satu cara untuk menstimulasi kecerdasan interpersonal pada anak adalah memberikan aktivitas yang berbeda-beda. Berikan pengalaman emosional yang membekas di ingatan mereka.

Tak hanya itu, ajak anak terjun langsung untuk menambah teman baru. Hal ini bisa dilakukan lewat aktivitas, seperti camping,  olaraga atau aktivitas sosial lain yang mengharuskan bertemu dengan orang baru.

Cara ini dinilai efektif untuk memahami perspektif orang lain dan juga belajar berkomunikasi.

Cara mengasah kecerdasan interpersonal anak

Terdapat sejumlah cara untuk mengasah atau meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak, di antaranya:

  • Berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat

Salah satu cara meningkatkan kecerdasan interpersonal anak adalah mengajaknya untuk berpartisipasi dalam pelayanan masyarakat.

Selain menjadi kesempatan bagi anak untuk membantu sesama, kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi anak untuk mengasah kemampuan komunikasi dan kepeduliannya terhadap sesama.

Terdapat banyak jenis pelayanan masyarakat yang bisa diikuti oleh anak, seperti membersihkan lingkungan, menemani orang lanjut usia (lansia) di panti, atau mendonasikan buku-buku yang sudah tak terpakai ke rumah sakit atau panti untuk anak yatim piatu.

  • Meminta anak untuk aktif mendengar

Mendengarkan secara aktif adalah komponen penting dari kecerdasan interpersonal dan mengacu pada kemampuan anak dalam mendengarkan perspektif, pikiran, dan pendapat orang lain.

Untuk mengasah kecerdasan interpersonal, anak disarankan untuk bisa mendengarkan orang-orang di sekitarnya dengan lebih aktif.

Selain itu, anak juga disarankan untuk memberikan respons positif setelah mereka selesai mendengarkan orang lain.

  • Mempraktikkan empati

Cara mengasah kecerdasan interpersonal selanjutnya adalah mempraktikkan sikap empati di lingkungan sekitar.

Pasalnya, dengan berempati terhadap sesama, anak dapat lebih memahami emosi dari orang-orang yang sedang mereka ajak berkomunikasi.

Selain itu, empati dipercaya dapat membantu anak untuk lebih mudah berkomunikasi dan membangun kemampuan interpersonal dengan orang lain, terutama ketika mereka mengerti apa yang dirasakan orang di sekitarnya.

  • Menjadi anggota kelompok yang aktif

Ketika anak bekerja dalam sebuah kelompok, ajak mereka untuk lebih aktif berpartisipasi. Salah satunya dengan membantu anggota kelompok lain atau lebih banyak terlibat dalam aktivitas.

Menjadi anggota kelompok yang aktif tidak hanya memenuhi tanggung jawab anak di dalam kelompoknya, tapi juga menunjukkan bahwa anak memiliki kepedulian terhadap performa dari tim secara keseluruhan.

Pekerjaan yang cocok untuk anak dengan kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal yang dimiliki anak kadang sebagai acuan untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Perlu dipahami, anak dengan kecerdasan interpersonal memiliki banyak kelebihan, seperti piawai berkomunikasi secara verbal maupun nonverbal, mampu melihat situasi dari berbagai perspektif, menciptakan hubungan positif dengan sesama, hingga menyelesaikan konflik dalam kelompok.

Dikutip dari Very Well Health, berbagai kelebihan dari anak dengan kecerdasan interpersonal membuatnya cocok untuk menekuni profesi sebagai berikut:

  • Psikolog
  • Filsuf
  • Konselor
  • Pramuniaga (salesperson)
  • Politisi.

Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal, apa bedanya?

Meski namanya mirip, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara kecerdasan interpersonal dan intrapersonal.

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan anak untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Karakteristik kecerdasan in dapat terlihat saat mereka mampu menilai emosi, motivasi, keinginan, serta niat orang-orang di sekitar mereka.

Di sisi lain, kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang untuk menyadari keadaan emosi, perasaan, keinginan, dan motivasi yang ada di dalam diri mereka.

Anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal cenderung menikmati refleksi dan analisis diri. Mereka kemungkinan suka melamun, mengeksplorasi hubungan dengan orang lain, hingga menilai kekuatan pribadi.



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

STRIMING TV

PORTO FOLIO WEBSITE Silakan Isi Data

SELAMAT HUT GURU 2022

SELAMAT HUT GURU 2022

SUKSESKAN PORPOV JABAR

SUKSESKAN PORPOV JABAR

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

SELAMAT HUT KOTA TANGERANG SELATAN

SELAMAT HUT KOTA TANGERANG SELATAN

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN BIMA

SELAMAT HARI JADI KABUPATEN BIMA

SELAMAT HUT KOTA TANGERANG SELATAN

SELAMAT HUT KOTA TANGERANG SELATAN

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

DINAS PENDIDIKAN HUT KOTA SERANG KE 15

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Dinas Pendidikan Kota Serang

Dinas Pendidikan Kota Serang

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

Ucapan Kementrian Agama DEPAG BANTEN HUT RI KE 77

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

JAGA KESEHATAN AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA

JAGA KESEHATAN AGAR HIDUP LEBIH BERMAKNA

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Pancasila Sakti 2022

Pancasila Sakti  2022

PANCASILA ADALAH NKRI

PANCASILA ADALAH NKRI

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

HUT RI KE 77 Bangsa Besar Hargai Jasa Para Pahlawan

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support