Selasa, 14 Juni 2022

Butuh Relawan untuk Naikkan Keterpilihan Calon Presiden

 


 Munculnya banyak relawan yang mendukung calon presiden (capres) menjelang pemilihan umum presiden (pilpres) merupakan sebuah keniscayaan. Keberadaan mereka dibutuhkan untuk mendongkrak elektabilitas kandidat yang ingin bertarung dalam kontestasi politik lima tahunan itu.

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, menjamurnya relawan dalam setiap momen menjelang pilpres merupakan hal biasa.

Menurut dia, ada calon, partai politik, dan juga ada relawan. ”Tiga kekuatan itu bisa bersinergi menjadi satu dan saling mengisi untuk memenangi pertarungan,” terang

Menurut Ujang, munculnya para relawan tersebut bagian dari strategi untuk menaikkan elektabilitas capres masing-masing. Mereka bergerak ke sana kemari. Bahkan, sudah ada relawan salah satu capres yang melakukan bagi-bagi sembako ke masyarakat. Itu merupakan bagian dari upaya untuk mengatrol elektabilitas kandidat yang diperjuangkannya.

Pengajar di Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) tersebut menerangkan, pilpres tanpa relawan bagaikan sayur tanpa garam dan bagaikan teh tanpa gula. Sebab, jika tak ada relawan, semuanya akan dimonopoli partai politik.

Ujang menyatakan, keberadaan relawan juga perlu untuk mengisi ruang yang tidak bisa dikerjakan partai. Apalagi, ungkap dia, persepsi rakyat terhadap partai juga buruk. ”Jadi, melalui relawanlah pesan- pesan capres itu bisa disampaikan kepada rakyat atau para pendukungnya,” papar direktur eksekutif Indonesia Political Review (IPR) tersebut.

Munculnya relawan, tambah Ujang, merupakan fenomena partisipasi aktif masyarakat dalam politik. Selain itu, imbuh dia, para relawan mempunyai harapan pilpres. Jika calon yang mereka dukung memenangi kontestasi, mereka berharap mendapat jabatan di pemerintahan atau perusahaan milik negara. ”Bisa menjadi komisaris BUMN atau (mendapat) jabatan yang lainnya,” beber dia.

Ujang menambahkan, fenomena relawan akan makin ramai tahun depan. Sebab, perhelatan politik nasional itu akan makin dekat. Para pendukung akan kian masif melakukan kegiatan untuk mendekati masyarakat dan mendongkrak elektabilitas calon yang mereka usung.

Geliat politik di Indonesia setelah reformasi dimeriahkan oleh kelompok-kelompok relawan. Mereka lahir dan tumbuh karena dukungan kepada pihak tertentu, meski bergerak lebih mandiri. Pemilu 2024 kali ini juga tidak lepas dari peran para relawan ini.

Tidak semua pemilih mau dekat dengan partai politik. Karena itu, butuh tangan lain untuk mendekati mereka, terutama ketika agenda politik semakin padat. Tangan lain itu, antara lain diperankan oleh kelompok relawan politik.
Era reformasi memungkinkan lahirnya ratusan organisasi relawan politik di Indonesia. Salah satunya adalah Gerakan Relawan Tanpa Warna (GRTW) . Organisasi yang berdiri pada 2014 di Jakarta ini, hadir untuk mendukung Pilkada Yang Aman Nyaman Dan Kondusif  organisasi ini diisi oleh mereka yang mengagumi rekam jejak  Pilkada Yang Bermartabat  Tidak mengherankan jika di 2019 ini, dukungan tersebut terus dilanjutkan terutama dalam kampanye Pilkada Langsung di Kabupaten Serang Kota Cilegon Kota Tangsel Kabupaten Pandeglang

“Relawan kami bergerak mem-back up Tim Kampanye Daerah (TKD)  dengan cara mengumpulkan massa, mendukung acara-acara TKD, dan juga mendeklarasikan diri serta membuat acara lain sesuai kepentingan situasional,

 

GRTW (Gerakan Relawan Tanpa Warna )  mulai tancap gas lagi di panggung politik sekitar enam bulan lalu, Sejauh ini, mereka telah menggelar berbagai acara seperti bakti sosial, donor darah, konsultasi kesehatan gratis, dan pengobatan gratis. Tidak ketinggalan adalah sosialisasi cara mencoblos. Pengalaman lapangan membuktikan,sosialisasi penting karena proses ini tidak mudah, terutama bagi mereka yang berusia lanjut. 

Peran relawan  Turun ke masyarakat,door to door, membawa kampanye secara kekeluargaan, memberikan arahan ke pasar-pasar, ke terminal, ke wilayah basis warga yang sama sekali tidak mengenal internet, TV, atau media sosial. Itu yang menjadi sasaran teman-teman relawan,” kata Sindu Adi Pradono SH Selaku Ketua Umum GRTW (Gerakan Relawan Tanpa Warna )
  
ia menambahkan, sebagai organisasi resmi, kelompok relawan adaah bagian penting dari kehidupan sosial politik di Indonesia. Jika Pemilu usai, mereka akan kembali menggelar berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, kebudayaan dan pendidikan.”Kita terlibat dalam acara-acara 
Kita juga ingin menata sanggar seni, mengelola sanggar tari, melukis, teater dan lainnya,” ujarnya  ia  mengklaim GRTW memiliki 2 juta anggota inti di seluruh Indonesia.

Penggerak ini juga berfungsi sebagai pelapor data hasil Pemilu Kada , membantu saksi, sekaligus mencegah praktik kecurangan. Agar mampu bekerja dengan baik, pelatihan terus dilakukan bahkan hingga di hari-hari terakhir menjelang pencoblosan. GRTW yakin, penyiapan sumber daya manusia harus menjadi salah satu prioritas dalam pelaksanaan Pemilukada

Bentuk kegiatan  selama ini banyak menyasar pemilih melalui pendekatan kegiatan keagamaan, seperti pengajian, istighosah, ceramah dan lain sebagainya. GRTW membentuk majelis taklim, menyiapkan ustadz atau guru, dan mengkoordinasikan remaja masjid. Mereka bergerak dari kampung-kampung, hingga masuk ke lingkungan pesantren. Mereka yakin, semua kegiatan itu berdampak langsung terhadap Calon Kepala Daerah Yang Akan Di Usung Oleh Partai Politik 
 Dengan Gerakan Relawan Terstruktur dan Berbudaya tentunga Pilkada di Banten Akan Membuat Masyarakat Tertarik Untuk Menentukan Pilihan Sesuai Hati Nurani Tanpa tekanan dari Pihak Manapun Karena Relawan GRTW (Gerakan Relawan Tanpa Warna ) Bagaimana Menciptakan Masyarakat berlomba berpartipasi Mengusung Calon dengan Kehendak Sendiri Tanpa Ada Kepentingan Apapun SEMBOYAN Dari GRTW Bergerak Bagai Angin Dapat di rasa Tanpa Terlihat Selamat Bekerja Seluruh Relawan GRTW Semoga Kita Tetap Menjaga Persaudaraan dan Menjadikan Pilkada Daerah Aman Nyaman dan Kondisif

Ketua Umum 
Gerakan Relawan Tanpa Warna 
SIndu Adi Pradono SH
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

Dinas Pendidikan Kota Serang

Dinas Pendidikan Kota Serang

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2022

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2022

iklan Ucapan Kanwil DEPAG Provinsi Banten

iklan Ucapan Kanwil DEPAG Provinsi Banten

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

TV KONTAK BANTEN

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

TV KONTAK BANTEN

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

iklan Ucapan isra Miraj 2022

iklan Ucapan isra Miraj 2022

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support