Wednesday 24 August 2022

Birokrasi Bersih Melayani

 

Dalam beberapa tahun belakangan ini, saya sering diundang berdiskusi dan menjadi saksi penandatanganan pencanangan dan komitmen pelaksanaan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) di instansi pusat dan daerah. Sebab berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 sebagai perubahan dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di instansi pemerintah, Ombudsman RI dapat menjadi saksi pada saat pencanangan ZI untuk instansi pusat dan instansi daerah selain menjadi Tim Penilai Nasional bersama unsur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Karena itu adalah kewajiban kami untuk selalu bersama seluruh instansi pemerintah membangun birokrasi yang bersih dan melayani serta bebas dari korupsi.

Saat menjadi saksi pencanangan tersebut saya selalu berharap agar penandatangan pencanangan zona integritas ini tidak sekadar seremonial belaka, tetapi harus ada perbaikan nyata pada loket-loket pelayanan seluruh instansi penyelenggara pelayanan. Nilai-nilai kejujuran, loyalitas, komitmen dan niat memperbaiki harus merasuk dalam sanubari seluruh aparatur negara agar hak-hak masyarakat untuk dilayani dengan baik dapat terpenuhi.

Membangun Zona Integritas

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Perpres Stranas PK), terdapat tiga sektor prioritas pencegahan korupsi yaitu, perijinan dan tata niaga, keuangan negara, dan penegakan hukum dan Reformasi Birokrasi.

Salah satu sub aksi pada sektor penegakan hukum dan reformasi birokrasi adalah tentang pembangunan Zona Integritas. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sedangkan Wilayah Bebas Korupsi adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. 

Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Pembangunan Zona Integritas dianggap sebagai role model reformasi birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas dan menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan. Sementara reformasi birokrasi dalam pengertian yang sederhana adalah upaya memperbaiki birokrasi pemerintahan secara terus-menerus agar menjadi lebih baik. Lebih baik dalam hal bersih dan bebas KKN, pelayanan berkualitas, cepat, murah, aman, pasti dan berkeadilan bagi semua masyarakat serta pemerintahan yang akuntabel, esfisien, efektif dan bersinergi khususnya pada area-area manajemen perubahan(culure set dan mind set), penataan tata laksana, penguatan akuntabilitas kinerja, penataan Sumber Daya Manusia (SDM) dan aparatur, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. 

Semakin banyak instansi yang membangun integritas birokrasinya melalui pencanangan dan komitmen melaksanakan zona integritas, akan semakin bagus pelayanan kepada masyarakat kita. Selain itu, upaya ini juga bisa mencegah penyimpangan dan dapat melindungi aparatur kita dari tindakan koruptif.

Saya menyadari betul bahwa upaya-upaya preventif dengan menata sistem birokrasi agar lebih transparan dan akuntabel jauh lebih bermanfaat dari pada upaya penindakan yang berujung luka bagi semua pihak. Membanguna ZI melambangkan komitmen unit-unit kerja untuk senantiasa menjadi ikon birokrasi yang melayani, sekaligus bersih dan bebas dari korupsi. Untuk itu, komitmen itu tidak boleh berhenti pada hal-hal yang bersifat seremonial ataupun administratif.

Progres  Pemerintah  Daerah

Hasil Penilaian Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas Kementrian PAN RB kepada seluruh pemda maupun hasil penilaian mandiri tahun 2021 menunjukan banyak perbaikan. Hasil penilaian dilakukan dengan merampungkan skor dari dua komponen pendukung indeks reformasi birokrasi yaitu komponen pengungkit berupa indeks arsip, indeks pengadaan barang dan jasa, indeks perencanaan, indeks pengelolaan aset, indeks pengelolaan keuangan, maturitas SPIP, indeks sistem merit, indeks profesionalitas ASN, dan tingkat kepatuhan standar pelayanan publik.

Komponen hasil mencakup nilai SAKIP, opini BPK, kualitas pelayanan publik (indeks pelayanan publik oleh kemenpan RB), pemerintahan yang bersih dan bebas KKN (indeks persepsi anti korupsi KPK) dan kinerja organisasi. Khusus Pemerintah Provinsi NTT menunjukan banyak perbaikan jika dilihat dari pelaksanaan misi ke-5 Gubernur berupa mewujudkan Reformasi Birokrasi Pemerintahan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Mari kita lihat data berikut ini. Pertama, tahun 2020, Indeks Reformasi Birokrasi Pemerintah Provinsi NTT berada pada skor 60,74 poin dengan kategori B atau meningkat beberapa poin dari indeks tahun 2017 skor 60,32 dengan kategori B. Kedua, evaluasi atas implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh inspektorat provinsi terhadap perencanaan kinerja, perjanjian kinerja dan penerapan anggaran berbasisi kinerja dan pencapaian kinerja menunjukan terus mengalami perbaikan. Hasil evaluasi SAKIP perangkat daerah tahun 2020 yang dilaksanakan tahun 2021 diperoleh nilai rata-rata sebesar 82.00 (A= memuaskan) atau meningkat 9,46 poin dari tahun sebelumnya sebesar  72,54 (BB=sangat baik).

Ketiga, Indeks Inovasi Daerah atauInnovative Government Award (IGA) yang diumumkan 17 September 2021 lalu menempatkan NTT dalam urutan ke-3 tingkat provinsi dengan skor 86,44 dan mendapat rangking 16 dari 548 provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia. Rangking ini menunjukan ASN NTT telah menciptakan banyak inovasi dalam pelaksanaan pelayanan publik di daerah dalam rangka meningkatkan daya saing.

Keempat, Hasil Survei Ombudsman RI atas Kepatuhan Pemerintah Provinsi NTT terhadap Standar Pelayanan Publik tahun 2017 menunjukan skor total 90,28 dengan tingkat kepatuhan tinggi. Sayangnya angka ini mengalami penurunan saat survei tahun 2021 menuju skor 62,86 dengan tingkat kepatuhan sedang. Adapun penurunan skor penilaian yang menjadi sebab menurunnya zonasi kepatuhan standar pelayanan publik ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, sebagian besar penyelenggara pelayanan pemerintah daerah belum memiliki informasi pelayanan secara elektronik (website), sebagian besar penyelenggara pelayanan belum memiliki sarana dan pelayanan bagi yang berkebutuhan Khusus/difabel,  sebagian besar penyelenggara pelayanan belum memiliki mekanisme prosedur pengelolaan pengaduan dan pejabat pengelola pengaduan dan sebagian penyelenggara pelayanan belum memiliki sarana pengukuran kepuasan masyarakat.

Kelima, seluruh perangkat daerah (39 PD) sudah melakukan kegiatan pencanangan zona intergritas namun belum semua perangkat daerah melanjutkannya dengan pelaksanaan komitmen zona integritas. Keenam, hasil opini BPK RI beberapa tahun terakhir adalah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Beberapa Alternatif Solusi

Terhadap berbagai permasalahan pelaksanaan reformasi birokrasi tersebut, berikut ini beberapa alternatif solusi yang ditawarkan guna peningkatan skor indeks reformasi birokrasi di NTT. Pertama, agar gencar melakukan konsolidasi internal antara biro organisasi/bagian organisasi tata laksana Setda yang membawahi tugas pokok fungsi reformasi birokrasi dan pelayanan publik  dengan perangkat daerah guna memenuhi seluruh data dukung Indeks Reformasi Birokrasi.

Kedua, agar menjadikan progress pencapaian dua komponen pendukung reformasi birokrasi baik komponen pengungkit maupun komponen hasil sebagai indikator kinerja perangkat daerah dan menjadi dasar pemberian reward and punishment.  Jika skor pada semua komponen pendukung terus mengalami peningkatan maka dambaan masyarakat akan pelayanan pemerintah yang cepat, mudah, murah, transparan dan akuntabel semakin dekat dengan harapan masyarakat.

Darius Beda Daton (Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi NTT) 
Share:

0 comments:

Post a Comment

UCAPAN IDUL FITRI 1445 H

UCAPAN IDUL FITRI 1445 H

DPRD BENGKULU

DPRD BENGKULU

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

PERKIM KOTA CILEGON

PERKIM KOTA CILEGON

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON

Sekretariat DPRD Tangerang

Sekretariat DPRD Tangerang

DPRD KOTA SERANG

DPRD KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

segenap Crew Mohon Maaf Lahir Dan Batin

segenap Crew Mohon Maaf Lahir Dan Batin

BAPENDA PROVINSI BANTEN

BAPENDA PROVINSI BANTEN

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

DPRD SIDOARJO IDUL FITRI 1445 H

DPRD SIDOARJO IDUL FITRI 1445 H

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

PERTAMINA 2024

PERTAMINA 2024

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

SELAMAT HUT KORPRI 2023

SELAMAT HUT KORPRI 2023

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

PEMERINTAH BANYUWANGI

PEMERINTAH BANYUWANGI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2024

RESOLUSI TAHUN 2024

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

PEMERINTAH SUBANG JABAR

PEMERINTAH SUBANG JABAR

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support