Sunday 5 February 2023

"NGOPI Ngobrol Perkara Iman" Sudahkah Kita Berbuat Adil Terhadap Sesama ?

 

Syariah Islam merupakan aturan hidup dari Allah swt yang lengkap dan sempurna  (QS. Al-Maidah:3), yang menjelaskan seluruh aspek kehidupan manusia (QS. An-Nahl:89). Tidak ada sedikit pun yang terlewatkan dalam syariah ini (QS. Al-An’am:38), olehnya itu 

orang yang beriman diperintahkan melaksanakan syariah ini secara keseluruhan (QS. Al-Baqarah:208)  agar manusia dapat menikmati buah syariah ini secara komprehensif. Al-qur’an sebagai pedoman hidup manusia diturunkan Allah swt bersifat universal berlaku kepada seluruh umat manusia (QS. Al-Imran: 138) dan alam semesta (QS. Al-Anbiyaa: 107).

 Syariah Islam diturunkan Allah swt bertujuan untuk menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta (maqashid syariah). Manusia diciptakan Allah swt  bertujuan hanya menyembah Allah saja (QS. Adz- Dzariyat: 56) melalui ubudiyah yang telah disyariatkan dan dicontohkan Oleh Rasulullah saw untuk meraih derajat taqwa sebagai bekal terbaik untuk kembali pada Allah (QS. al-Baqarah: 197). Tugas manusia dimuka bumi ini sebagai khalifah (QS. Al-Baqarah:30)  untuk membangun kemakmuran dan kehidupan yang baik (QS. Hud:61) sebagai sarana dalam melakukan pengabdian kepada Allah swt. Untuk meraih 

 kemakmuran Allah swt memberikan sepenuhnya alam ini untuk dikelola oleh manusia (QS. Al-Baqarah:29) sesuai aturan  agar dapat memberikan mashlahat dan manfaat bagi kehidupan manusia. Dalam meraih kemakmuran Islam mewajibkan manusia untuk bekerja sesuai kemampuan dan keahlian. Kemampuan dan keahlian diperoleh melalui proses belajar, berlatih dan menjalani pengalaman hidup. 

Dalam bekerja  syariah Islam memberikan rambu-rambu berupa  perintah dan larangan. Adanya rambu-rambu ini sebagai standar operasional prosedur  (SOP), disamping sebagai ujian bagi manusia juga untuk menjaga subtansi nilai-nilai dan manfaat yang akan diperoleh dalam setiap aktivitas pekerjaan. 

Dalam syariah sesuatu yang diperintahkan atau dibolehkan akan memberikan mashlahat bagi manusia, dan sebaliknya apa yang dilarang atau dibenci syariah akan memberikan mudharat bagi manusia dan lingkungannya. Selain itu syariah Islam juga mendorong pengembangan bisnis, inovasi produk, model pemasaran  sesuai perkembangan dunia bisnis baik lokal maupun global untuk mencapai tujuan bisnis yaitu kesejahteraan dan kemakmuran.

Model usaha atau bisnis yang dikembangkan dalam syariah senantiasa harus berpedoman pada prinsip-prinsip syariah antara lain:

Prinsip Kesucian

Bisnis Islam sangat memperhatikan dari aspek kebersihan dan kesucian produk, mulai dari input, proses maupun output. Kesucian bisnis dan produk terkait dengan aspek kehalalan dengan menghindari semua bisnis dan produk yang haram, misalnya babi, khamer, bangkai dan darah serta turunannya. Selain itu dalam bisnis produk yang dihasilkan hendaknya berkualitas  dan tidak memberikan mudharat bagi kehidupan manusia dan lingkungannya.

Prinsip Kejujuran

Bisnis hendaknya memperhatikan nilai-nilai kejujuran dalam setiap transaksi baik model transaski yang digunakan, ucapan  maupun perilaku pelaku transaski. Dalam transaksi hendaknya menghindari segala bentuk kecurangan seperti mengurangi takaran, menyembunyikan cacat produk, spekulasi harga maupun tidak komitmen dengan waktu. Perilaku kecurangan sangat bertentangan dengan prinsip transaksi yaitu suka sama suka atau adanya keridhaan.

Prinsip Keadilan

Keadilan dalam bisnis merupakan salah satu pilar dalam sistem ekonomi Islam. Keadilan akan membuat setiap orang dalam dunia bisnis akan merasa aman, tenang dan terpenuhinya hak setiap orang. Olehnya itu dalam transaksi bisnis semua bentuk transaski yang merusak pilar nilai-nilai keadilan harus dihilangkan bahkan transasksinya menjadi batil. Bentuk transasksi yang bertentangan dengan nilai keadilan antara lain  seperti; transasksi riba (bunga), gharar (ketidakpastian), maisyir (spekulasi), talaqqi rukhban, risywah (sogok menyogok) dan lain-lain semuanya terlarang. Olehnya itu dalam menegakkan nilai-nilai keadilan dalam bisnis muamalah dalam Islam menggunakan model bagi hasil, jual beli dan transaksi sewa-menyewa (ijarah).

Prinsip Ukhuwah

Muamalah dalam Islam sangat memperhatikan hubungan antara manusia harus terjaga dengan baik, baik hubungan secara idiologi (iman) maupun hubungan secara kemanusiaan (basyariah). Untuk menjaga kelestarian hubungan manusia dengan baik bisnis dalam Islam sangat memperhatikan masalah etika bisnis dan pelayanan.  Etika bisnis sangat terkait dengan bagaimana menjaga hubungan manusia secara fisiologi agar tidak terjadi kekecewaan seperti; larangan bertransaksi atas pembelian orang lain, membolehkan adanya pilihan (khiyar) pada transaksi yang tidak sesuai. Sedangkan pelayanan yang baik (ihsan) bertujuan untuk memberikan rasa nyaman, aman dan kepuasana kepada pelanggan.

Prinsip Profesionalisme

Bekerja atau berbisnis dalam Islam merupakan amanah dan ibadah kepada Allah swt. olehnya itu  perlu dikelola secara maksimal yang didukung oleh kemampuan dan kompetensi seseorang pada jenis pilihan bisnisnya. Rasulullah saw melarang memilih pekerja atau karyawan yang bukan ahlinya, larangan meminta jabatan atau posisi dimana seseorang tidak memiliki kompetensi didalamnya. Bahkan Rasulullah saw menegaskan pentingnya profesionalisme dalam suatu pekerjaan (itqan)

Prinsip Berjamaah (networking)

Kekuatan dan keberkahan suatu bisnis akan terwujud dengan sistem berjamaah (networking). Rasulullah saw menegaskan bahwa siapa yang ingin panjang umur dan memiliki potensi rezeki yang luas dan bisnis yang berkembang hendaklah dia berjejaring. Networking dalam bisnis sangat penting karena setiap orang atau kelompok memiliki berbagai keterbatasan baik, sumber bahan baku, modal, akses pasar, SDM, pelanggan maupun manajemen sehingga dibutuhkan orang atau pihak lain agar saling membantu dan bersinergi untuk mengambil manfaat bersama dan mengurangi beban kekurangan bersama. Apalagi dalam era VUCA, dimana kecepatan perubahan bisnis, ketidakpastian model bisnis, kondisi yang semakin kompleks dan kondisi bisnis yang ambigu memerlukan sinergi bisnis yang kuat. Begitupula dalam era digital sekarang ini kemudahan fasilitas informasi sangat mendukung dalam memperkuat bisnis secara berjamaah (networking) sehingga kalau bisnis mau kuat, tumbuh dan berkembang sangat dibutuhkan networking yang banyak.

Prinsip Keseimbangan

Syariah Islam adalah aturan hidup yang seimbang. Keseimbangan hidup dalam Islam berlaku secara menyeluruh, yang meliputi keseimbangan urusan dunia maupun akhirat, keseimbangan ibadah – muamalah, keseimbangan kerja-santai,  keseimbangan bisnis-sosial, keseimbangan kolektif-individu, keseimbangan material, spiritual, keseimbangan sektor keuangan-sektor riil, keseimbangan makro-mikro , dan keseimbangan pemanfaatan-pelestarian.

Keseimbangan ini akan membuat kehidupan manusia lebih tertata, terkendali, terjaga dan lestari yang pada akhirnya manusia akan meraih kesejahteraan dan kebahagiaan yang hakiki

Prinsip Universal

Sistem ekonomi dan keuangan Islam bukan sistem ekonomi yang bersifat ekslusif yang hanya berlaku pada umat Islam saja, tetapi bersifat inklusif yaitu berlaku pada semua umat manusia. Karena syariah Islam dimana didalamnya termasuk ekonomi dan keuangan syariah diturunkan Allah swt untuk seluruh manusia bahkan untuk sekalian alam. Keuniversalan ekonomi dan keuangan syariah membuka peluang yang luas bagi umat lain yang ingin menerapkan sistem ekonomi mereka dengan pola syariah. Dalam Islam untuk urusan muamalah seorang muslim bebas melakukan transaksi bisnis kepada siapa saja tanpa membedakan latar belakang orang lain, selama dalam transaksi tersebut tidak mengandung unsur-unsur yang bertentangan dengan syariah, termasuk umat lain bisa menggunakan sistem ekonomi syariah karena dianggap lebih baik disbanding dengan sistem ekonomi lainnya.

Dalam menyikapi problem ekonomi dunia yang semakin tidak menentu bahkan sudah mendekati terperosok dalam jurang krisis, terutama akibat dampak wabah covid 19. Maka sistem ekonomi Islam dapat menjadi solusi terbaik untuk pemulihan dan pengembangan kehidupan ekonomi yang lebih baik, baik dari sisi makro maupun mikro. Sehingga diharapkan kondisi ekonomi yang memberikan suasana ekonomi yang kondusif, terciptanya keadilan distribusi ekonomi, adanya keseimbangan antara sektor finansial dan sektor riil, terciptanya etika bisnis, terbangunnya komitmen bisnis dan sosial serta penciptaan usaha, ,investasi dan penyerapan tenaga kerja yang lebih merata.

Penulis: ustd H Jonny Abd Jabbar Albatani
Share:

0 comments:

Post a Comment

UCAPAN IDUL FITRI 1445 H

UCAPAN IDUL FITRI 1445 H

DPRD BENGKULU

DPRD BENGKULU

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

Sekretariat DPRD Kota Cilegon

PERKIM KOTA CILEGON

PERKIM KOTA CILEGON

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON

Sekretariat DPRD Tangerang

Sekretariat DPRD Tangerang

DPRD KOTA SERANG

DPRD KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PEMDIDIKAN KOTA SERANG

segenap Crew Mohon Maaf Lahir Dan Batin

segenap Crew Mohon Maaf Lahir Dan Batin

BAPENDA PROVINSI BANTEN

BAPENDA PROVINSI BANTEN

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

DPRD SIDOARJO IDUL FITRI 1445 H

DPRD SIDOARJO IDUL FITRI 1445 H

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Dinas Pendidikan Kota Serang ISRA MIRAJ 1445 h

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Jadilah Perbedaan Menjadi Kekuatan

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

Hidup Untuk Saling Melindungi Bukan Saling Melukai

PERTAMINA 2024

PERTAMINA 2024

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

Hari Amal Bhakti ke 78 Bakti Untuk Negeri

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI

FORUM UNIVERSITAS TRISAKTI
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

SELAMAT HUT KORPRI 2023

SELAMAT HUT KORPRI 2023

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA PROVINSI BANTEN HARI PERS 2024

PEMERINTAH BANYUWANGI

PEMERINTAH BANYUWANGI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2024

RESOLUSI TAHUN 2024

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

PEMERINTAH SUBANG JABAR

PEMERINTAH SUBANG JABAR

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TIMUR

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support