Friday 7 July 2023

5 Hal yang Diperhatikan Gen Z Indonesia dalam Memilih Pemimpin

 


Generasi Z, atau yang dikenal juga dengan generasi milenial kedua adalah kelompok masyarakat yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Generasi ini tumbuh besar di tengah kemajuan teknologi dan informasi yang pesat. Hal ini membentuk keunikan dan karakteristik tersendiri terlebih dalam cara mereka  menerima dan mengonsumsi informasi. Pola-pola yang berbeda ini, akhirnya turut mempengaruhi bagaimana paparan hingga bagaimana bentuk kecenderungan partisipasi Gen Z dalam berpolitik.

Berbicara mengenai paparan politik, tentunya Generasi Z yang menerima paparan berbeda membentuk persepsi dan bentuk partisipasi politik yang berbeda pula. Menurut hasil survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute, 49% Gen Z memiliki harapan yang baik terhadap kondisi politik Indonesia.

Angka ini menunjukkan optimisme dan persepsi yang cukup baik. Optimisme ini harus dijaga dan ditingkatkan agar partisipasi Gen Z dalam berpolitik tetap terjaga. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan pemimpin-pemimpin yang kredibel untuk menahkodai arah politik di Indonesia.

Lebih lanjut, Gen Z dikatakan lebih mementingkan isu-isu yang relevan bagi mereka seperti isu lingkungan, hak asasi manusia, dan kesetaraan gender. Terpaan teknologi dan internet yang mempengaruhi bentuk partisipasi Gen Z ini mengakibatkan generasi ini lebih selektif dalam memilih pemimpin.

Karakteristik pemimpin yang dicari oleh Gen Z

Seperti apa sih karakter pemimpin yang dicari oleh Gen Z? Faktor dan nilai apa saja yang harus dimiliki oleh calon pemimpin yang sesuai dengan ekspektasi kalangan Gen Z? Laporan dari  IDN Research Institute menguak beberapa aspek dan nilai yang menjadi pertimbangan Gen Z dalam memilih pemimpin.

.    Visi dan misi

Bukan hanya Gen Z, tentunya masyarakat mengharapkan pemimpin dengan visi misi nya  yang jelas serta terukur. Masyarakat mengharapkan pemimpin yang mampu memberikan solusi konkret dan inovatif terhadap berbagai permasalahan yang melanda.

Selain itu, pemimpin yang mampu menyusun dan mengomunikasikan visi dan misi dengan jelas cenderung lebih mudah mendapatkan partisipasi Gen Z dalam konteks politik.

2.    Integritas

Gen Z dinilai sangat menghargai intergritas dan konsistensi dalam sikap serta tindakan seorang pemimpin. Mereka cenderung memilih pemimpin yang memiliki rekam jejak yang bersih serta terbuka dengan nilai-nilai yang dipegang teguh.

Sebaliknya, pemimpin yang terlibat dalam kasus korupsi dan masalah di ranah hukum cenderung lebih sulit mendapatkan dukungan dari Gen Z.

3.    Pengalaman Berpolitik

Ini menjadi faktor penting dalam partisipasi Gen Z terkait pemilihan pemimpin. Mereka menginginkan pemimpin yang memiliki pengalaman dan kompetensi yang cukup di bidang politik. Harapannya, pengalaman dan kemampuan yang dimiliki mampu menciptakan iklim politik dan pola kepemimpinan yang lebih baik.

4.    Latar Belakang

Generasi Z juga memperhatikan latar belakang seorang pemimpin. Aspek dalam latar belakang yang diperhatikan diantaranya pendidikan, pengalaman kerja, hingga asal-usul keluarga.

Pada kenyataannya, partisipasi Gen Z cenderung lebih tinggi  pada calon  pemimpin yang memiliki latar belakang yang beragam sehingga mampu merepresentasikan berbagai jenis lapisan masyarakat.

5.    Agama

Ternyata, agama juga menjadi faktor yang mempengaruhi bentuk partisipas Gen Z dalam memilih pemimpin. Karakteristik Gen Z yang cenderung lebih inklusif dan toleran turut menpengaruhi kriteria pemimpin idaman mereka.

Gen Z menginginkan pemimpin yang dapat membaur serta menjunjung tinggi nilai toleransi dalam berkeyakinan. Pemimpin yang tidak  mampu menghormati keberagaman masyarakat, cenderung akan sulit mendapatkan dukungan Tokoh politik terpopuler di kalangan Gen Z

Bersadarkana data di atas, tokoh politik yang paling terkenal di kalangan Gen Z adalah Joko Widodo. Selain menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, gaya kepemimpinannya yang santun, sederhana, dan tegas membuat namanya diterima baik oleh kalangan Gen Z. Pengalaman di bidang politiknya juga sudah tidak diragukan lagi. Beliau pernah menjabat sebagai Walikota Solo, Gubernur Jakarta hingga kini menjadi Presiden Indonesia.

Nama Prabowo Subianto mencuat sebagai tokoh politik terpopuler di kalangan Gen Z Indonesia. Prabowo memiliki rekam jejak dalam memperjuangkan hak rakyat, terutama terkait isu keamanan dan pertahanan negara. Pengalamannya di dunia politik juga cukup panjang. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan pada masa pemerintahan SBY. Selain itu, ia juga pernah menjadi calon presiden pada dua masa pemilihan terakhir di Indonesia. Pengalaman politik serta rekam jejaknya yang luas, membentuk persepsi bahwa Prabowo memiliki kemampuan untuk memimpin masyarakat.

Sementara itu, sosok Ganjar Pranowo yang berasal dari keluarga kelas menengah dan latar belakang pendidikannya turut menarik perhatian dan partisipasi Gen Z.  Sosok Ganjar juga dinilai inovatif, terbuka atas kritik dan saran dari masyarakat, dan juga dinilai mampu mengatasi masalah sosial di daerahnya.




Berbeda dengan sosok Sandiaga Uno, ia populer di kancah politik karena dianggap sebagai pengusaha sukses dan berpengalaman di bidang bisnis. Ia juga dinilai memiliki visi dan gagasan yang inovatif dalam pemerintahan. Untuk persentase kepopuleran tokoh politik di kalangan Gen Z Indonesia, bisa kamu simak detailnya di infografis berikut, ya!

Kepopuleran Jokowi, Prabowo, Ganjar, Anies, dan Sandiaga Uno dalam dunia politik tidak lepas dari strategi political marketing yang mereka terapkan. Seperti Jokowi yang menggunakan pendekatan political marketing yang sangat terukur dan efektif. Ia mampu membangun citra sebagai pemimpin yang sederhana, pro-rakyat, dan tegas melalui berbagai program pembangunan yang diimplementasikannya.

Sementara Anies Baswedan, menerapkan strategi personal branding untuk membangun citra sebagai sosok yang pandai berbicara dan memiliki kebijakan yang menjadi solusi berbagai permasalah di masyarakat. Ia juga memanfaatkan media sosial sebagai platform menyuarakan isu-isu nasional sehingga bisa meningkatkan angka partisipasi Gen Z. .

Kesimpulannya, kepopuleran tokoh-tokoh politik di atas tidak terlepas dari strategi political marketing yang mereka terapkan. Tokoh besar tersebut memanfaatkan pendekatan personal branding, political branding, dan memanfaatkan media sosial untuk membangun citra yang positif di mata masyarakat.

K

Share:

0 comments:

Post a Comment


GUNAKAN HAK PILIH ANDA 14 FEBRUARI 2024

GUNAKAN HAK PILIH ANDA 14 FEBRUARI 2024

DPRD PROVINSI BANTEN HARI ANAK INTERNASIONAL 2023

DPRD PROVINSI BANTEN HARI ANAK INTERNASIONAL 2023

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON HUT PAHLAWAN

SEKRETARIAT DPRD KOTA CILEGON HUT PAHLAWAN

PEMERINTAH KOTA TANGERANG

PEMERINTAH KOTA TANGERANG

PERTAMINA 2023

PERTAMINA 2023

PT ANUGRAH CAHAYA PLAPON PVC Mau Cari di SINI ! KLIK

Penawaran Kerja Sama

TV KONTAK BANTEN

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

KEMENTRIAN SEKRETARIS NEGARA

DPRD KOTA CILEGON UCAPAN MAULID NABI SAW 1445 H

DPRD KOTA CILEGON UCAPAN MAULID NABI SAW 1445 H

SEGENAP CREW KORAN KONTAK BANTEN MAULID 1445 H

SEGENAP CREW KORAN KONTAK BANTEN MAULID 1445 H
Media yang kuat butuh rakyat yang terlibat, mengelola kebebasan dengan bertanggung jawab._ Najwa Shihab

SILAKAN PASANG IKLAN KLIK

DINAS PENDIDIKAN KOTA SERANG

DINAS PENDIDIKAN KOTA SERANG

KONTAK MEDIA GROUP

KONTAK MEDIA GROUP

BACA BERITA BIKIN PAS DI HATI YA DI SINI !!

BAPENDA TANGERANG

DINAS PENDIDIKAN KOTA SERANG SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1444 H

DINAS PENDIDIKAN KOTA SERANG SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1444 H

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

TALK SHOW MENCARI PEMIMPIN SEJATI

INFO CPNS DAN PPPK 2023 KLIK

PESAN MAKANAN ENGAK RIBET

MOTO KAMI


BERBUAT BAIK TERHADAP SESAMA SESUNGGUHNYA UNTUK KEBAIKAN DIRI KITA

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

HARI KETERBUKAAN INFORMASI 2023

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

KEMENTRIAN HUKUM DAN HAM

RESOLUSI TAHUN 2023

RESOLUSI TAHUN 2023

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

KEMENTRIAN BUMN

KEMENTRIAN BUMN

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

Jadikan Kritik Masyarakat Sebagai INTROPEKSI

ENERGI KOLOBORASI

ENERGI KOLOBORASI

Bergerak TAK TERBATAS

Bergerak TAK TERBATAS

DINAS PENDIDIKAN KOTA SERANNG BYANGKARA KE 77

DINAS PENDIDIKAN KOTA SERANNG BYANGKARA KE 77

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SENYUM ADALAH IBADAH

SENYUM ADALAH IBADAH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

PEMERINTAH BIRIEUN ACEH

SELAMAT DAN SUKSES

SELAMAT DAN SUKSES

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

SELALU BERBUAT UNTUK BANGSA

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

LIBUR NASIONAL 2023

LIBUR NASIONAL 2023

PEMERINTAH JAWA TENGAH

PEMERINTAH JAWA TENGAH

INFO KPK

INFO KEJAKSAAN RI

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HUT RI KE 78 2023

HUT RI KE 78 2023

BANGKIT LEBIH KUAT

BANGKIT LEBIH KUAT

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

Hati Nurani Tidak Ada Dalam Buku Tapi Ada di Hati

PEMERINTAH TANGERANG

PEMERINTAH TANGERANG

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support