CUSTOMER is king. Setuju? Saya sajikan sebuah artikel saya tentang pentingnya membangun Komunitas Pembaca
Artikel ini saya sarikan dari buku “50 Business Essential Ways to Win
the Competition” terbitan Prasetiya Mulya Publishing (2014).Fanatisme
penggemar dengan mudah ditemukan di dunia olahraga atau musik. Ada
puluhan juta Mancunian, sebutan untuk penggemar berat Manchester United,
di seantero jagad. Kita mengenal Belieber, komunitas pencinta dan
suporter Justin Bieber. Di Tanah Air kita masih bisa menemukan banyak
penggemar fanatik kelompok band jadul seperti Koes Plus. Mereka dengan
sukarela memposisikan diri sebagai pendukung setia apakah di dunia Pemberitaan sama Jawaban
: Seharus Kita Paham Apakah yang di sebut media Massa Cetak maupun
Online Para Pembaca atau Komunitas Pembaca Seharusnya Memiliki Loyalitas
terhadap Media Yang Mereka Baca maka akan Terjalin Komunitas Pembaca
yang fanatik dan Harus Merasa memiliki dan Saling Membantu dalam men
Share berita tersebut ? Co www.kontakbanten.co.id
Namun tidak
mudah untuk menemukan fanatisme seperti ini di dunia bisnis. Fanatisme
adalah bentuk ekstrem dari kesetiaan terhadap sebuah produk atau merek (brand loyalty).
Jika perusahaan kita memiliki produk yang nilainya lebih baik dari
kompetitor, kita belum memiliki pelanggan setia, tetapi pelanggan yang
cerdas.Pelanggan yang setia adalah mereka yang sadar, sangat
mungkin ada yang lebih baik di luar sana tetapi mereka tidak peduli.
Mirip dengan kesetiaan seorang suami pada istrinya, seorang karyawan
pada perusahaannya, seorang pemuja pada bintang pujaannya, dan seorang
penggemar pada sebuah klub olahraga. Semua didasari dengan cinta
mendalam yang tak mudah luntur oleh perubahan zaman.
Apple Inc
adalah contoh terbaik saat ini. Pelanggan fanatiknya sampai rela tidur
di depan toko untuk memperoleh produk terbaru dari Apple. Apapun yang
diciptakan Steve Jobs, mereka beli tanpa pikir panjang. Ketika Steve
Jobs berpulang, mereka menangisinya seperti kehilangan seorang anggota
keluarga atau kekasih Kesetiaan pelanggan terhadap merek,
apalagi fanatisme, adalah impian para pelaku bisnis. Di tengah
persaingan bisnis yang semakin ketat, pelanggan setia menjadi fondasi
kokoh sebuah perusahaan. Ingat Pareto Principle atau “80-20
rule” dari Joseph Juran yang mengatakan bahwa 80% akibat datang dari 20%
penyebab. Di dunia bisnis, 80% penjualan bisa jadi datang dari 20%
pelanggan. Adalah tugas utama manajemen perusahaan untuk mengubah
sebanyak mungkin dari pelanggan berdampak besar ini menjadi setia,
bahkan fanatik.
Bagaimana cara menciptakan fanatisme pelanggan?
Oliver (1999) berargumen, kesetiaan dan fanatisme berawal dari kepuasan
pelanggan. Serpihan empiris menunjukkan, produk atau merek yang memiliki
pelanggan setia adalah yang menawarkan rasa nikmat dan senang yang
lebih besar (experiences of gratification) maupun kecocokan yang sempurna (experiences of perfect fit).
Mayoritas penggemar Manchester United mengatakan, mereka menyukai klub
ini karena permainannya yang indah dan menyerang.Menurut Psychological Continuum Model dari Funk dan James (2001), ada 4 langkah menuju kondisi kesetiaan tingkat tinggi, yakni kesadaran (awareness), ketertarikan (attraction),
ikatan emosional (attachment) serta komitmen, cinta dan kesetiaan (allegiance).Kita
pakai contoh Apple Inc. Kesadaran dan ketertarikan akan produk atau
merek Apple muncul dari beberapa faktor seperti toko yang khusus menjual
produk Apple. Di toko ini para calon pelanggan bisa melihat, mencoba
dan bertanya tentang produk Apple. Apple juga menjual produknya di
sekolah dan universitas di Amerika Serikat. Jika beberapa murid atau
mahasiswa menggunakan produk Apple, mereka secara tidak langsung menjadi
pramuniaga Apple yang memperkenalkan produk tersebut. Manajemen Apple
dengan cerdik membocorkan beberapa informasi mengenai produk baru yang
akan diluncurkan agar menjadi perbincangan hangat.Ikatan
emosional yang kuat terhadap Apple muncul saat konsumen mulai merasakan
kenikmatan dari menggunakan produk Apple. Hasilnya adalah tingkat
kepuasan konsumen yang tinggi. Tak heran karena Apple secara cermat
mempertimbangkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. iPod dan iPad
adalah contohnya. Produk Apple adalah hasil dari riset yang ekstensif
dan desain yang kuat. Produk yang kuat dan mudah digunakan membuat
pelanggan gembira dan membuat mereka membeli lagi produk Apple di masa
mendatang.
Inovasi menjadi kunci utama keberhasilan Apple dalam membuat pelanggan menjadi fanatik. Perusahaan secara konsisten menawarkan portofolio produk yang inovatif untuk membuat pelanggan tidak akan melirik produk lain. Tanpa sadar mereka telah kecanduan produk Apple, memberikan komitmen, cinta dan kesetiaan kepada Apple.Tidak banyak perusahaan yang seberuntung Apple. Namun, walau butuh usaha besar dan waktu lama, bukan hal mustahil untuk menciptakan fanatisme pelanggan. Yang diperlukan adalah kesadaran akan pentingnya membangun kesetiaan atau fanatisme pelanggan. Mayoritas perusahaan terjebak rutinitas dan program pemasaran lebih fokus untuk mencari pelanggan baru. Mereka lupa, pelanggan lama adalah raja yang harus selalu dimanjakan dengan cara dan produk baru yang inovatif.
Tanpa fanatisme, pelanggan akan mudah selingkuh dengan produk pesaing. Maka, perlakukan mereka seperti seorang suami, istri atau kekasih. Berikan yang terbaik buat mereka maka mereka akan membalas dengan cinta.
Financial Expert Universitas Prasetiya Mulya
0 comments:
Post a Comment