Selasa, 12 Juli 2022

Restrukturisasi Bank Banten, Al Muktabar Dukung Penuntasan Kasus Hukum

 


BANTEN ( Kontak Banten)Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar tidak akan mencampuri pengusutan kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor) di Bank Banten yang sedang dilakukan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten. Namun, ia tak tinggal diam dan akan melakukan evaluasi terhadap kinerja Bank Banten.

Al mengaku bakal sepenuhnya menyerahkan kasus dugaan  tersebut kepada aparat penegak hukum. “Karena itu aspek hukum, jadi tidak bisa komen,” ujar Al, kemarin.

Ia mengaku, tak bisa berbuat banyak dan tak ingin ikut campur dalam proses penegakan dari aspek hukum. Namun, mantan Widyaiswara Ahli Utama di Kementerian Dalam Negeri ini juga tak menutup kemungkinan jika ke depannya akan ada restrukturisasi di internal bank yang berdiri sejak 2016 itu.

“Nanti itu (restrukturisasi-red) paralel, sejalan dengan kondisi yang berkembang,” ungkapnya. Ia mengaku akan berupaya agar bank pelat merah itu dalam kondisi baik. “Kita bangkit untuk baik,” tegas Al.

Kata dia, upaya lain untuk membenahi Bank Banten adalah dengan memisahkan dengan PT Banten Global Development (BGD). Menurutnya, agenda tersebut menjadi salah satu formula yang terus diupayakan oleh Pemprov Banten.

Ia mengatakan, itu adalah salah satu parameter menuju keadaan yang semakin baik. Pihaknya akan menempuh langkah-langkah yang mengatur hal tersebut.

Al menegaskan, meski ada keinginan untuk memisahkan Bank Banten dan PT BGD akan tetapi hal itu tak bisa dilakukan begitu saja. Ada sejumlah ketentuan yang mesti ditempuh agar tak bertabrakan dengan aturan main yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Mohon doa dan masukan karena Bank Banten adalah kebanggaan kita untuk menjadi parameter ekonomi, terutama dalam tata kelola keuangan khusus tata kelola kas daerah,” tuturnya

Sejauh ini rencana tersebut berjalan sesuai yang diharapkan dan tak ada kendala yang berarti untuk merealisasikan. “Sesuai tahapan semua bisa berjalan dengan baik. Sampai sekarang masih proses, belum ada hambatan yang berarti menuju itu,” ujar Al.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, saat ini tim Pidana Khusus (Pidsus) tengah bekerja, melakukan penyidikan dua kasus besar perkara tindak pidana korupsi.

“Satu perkara Bulog naik ke penyidikan, satu lagi kita naikkan penyidikan Bank Banten,” kakorups

Terkait penyidikan Bank Banten, Leo menegaskan hal itu  merupakan bentuk dukungan Kejati Banten ke Pemprov Banten dalam upaya perbaikan Bank Banten. Pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam penyidikan Bank Banten sehingga restrukturisasi oleh Pemprov Banten bisa berjalan.

“Dalam rangka restrukturisasi, agar nanti kerugian-kerugian yang ditimbulkan itu dapat mendukung dalam restrukturisasi Bank Banten,” jelasnya.

PERIKSA

Sementara itu, para petinggi Bank Banten dalam waktu dekat ini akan dipanggil penyidik pidana khusus (pidsus) Kejati Banten. Mereka dipanggil penyidik untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan kredit macet Bank Banten tahun 2017-2018.

“Dalam waktu dekat memang kita akan melakukan pemeriksaan terhadap para petinggi Bank Banten,” kata Kasi Penkum Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan dikonfirmasi Radar Banten, Minggu (10/7).

Ivan mengatakan, selain para petinggi Bank Banten, penyidik juga akan melakukan pemanggilan terhadap credit officer Bank Banten. Pemeriksaan terhadap credit officer penting dilakukan untuk mengungkap persoalan dalam kasus tersebut. “Kita juga akan melakukan pemeriksaan terhadap credit officer dan mantan petinggi Bank Banten,” ungkap Ivan.

Diakui Ivan, penyidikan kasus Bank Banten belum lama ini dimulai. Saksi yang telah diperiksa belum begitu banyak. Namun, berdasarkan catatannya jumlah saksi yang diperiksa sudah lebih dari tiga orang. “Jumlah saksi lebih dari tiga orang yang sudah diperiksa,” ujar alumnus FH Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut.

Dijelaskan Ivan, penyidik akan menyelidiki pemberian kredit modal kerja (KMK) dan kredit investasi yang diberikan kepada PT HNM. Diketahui, Bank Banten memberikan pinjaman kepada PT HNM untuk KMK pengerjaan proyek jalan tol ruas jalan Pematang panggang-kayu Agung STA 155+335 158 +600 di Sumatra Selatan. “Untuk kredit investasi kalau tidak untuk pembelian dump truk,” kata Ivan.

Sementara itu, Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengatakan, kredit macet pada PT HNM yang terjadi pada 2017-2018 berjumlah Rp65 miliar. “Dugaan korupsi di Bank Banten yang terjadi tahun 2017-2018 sampai di angka Rp65 miliar dengan bunga dan denda,” kata Boyamin.

Dijelaskan Boyamin, proses pemberian fasilitas kredit terhadap PT HNM sudah bermasalah sejak awal pengajuan. Perusahaan swasta yang meminjam uang tersebut diduga tidak memenuhi sya rat. “Dari pertama sebenarnya tidak layak diberikan pinjaman (perusahaan-red),” kata Boyamin

Pinjaman tersebut oleh PT HNM digunakan untuk membiayai proyek jalan tol ruas jalan Pematang panggang-kayu Ag

“Diduga untuk proyeknya juga fiktif, jalan tol di Sumatra Selatan, diduga juga PT HNM ini hanya sub kontraktor, bukan pemenang tender. Subkonnya juga patut diragukan. Pembelian alat juga diduga sebagian besarnya malah masuk ke rekening pribadi dari pengurus perusahan,” kata Boyamin.

Dikatakan Boyamin, pihak PT HNM yang meminjam uang di Bank Banten dengan memberikan jaminan aset di daerah Jakarta Selatan sebagai syarat kredit seperti bukti piutang. “Kemudian jaminan berupa SHM lima bidang tanah, yang ternyata setelah dilacak fotocopian karena sertifikat asli ada di bank lain,” ungkap Boyamin

ung STA 155+335 158 +600 di Sumatera Selatan dan  modal pembelian enam unit alat berat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

INFO DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

Kanwil Departemen Agama Provinsi Banten 1 Muharam 1444 H

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HARI ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

Dinas Pendidikan Kota Serang

Dinas Pendidikan Kota Serang

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2022

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 2022

iklan Ucapan Kanwil DEPAG Provinsi Banten

iklan Ucapan Kanwil DEPAG Provinsi Banten

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

IKLAN HUT BYANGKARA 2022 DPRD KOTA SERANG

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

KELUARGA BESAR KEJAKSAAN RI

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

SELAMAT HUT ADIYAKSA KE 62

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Jadilah Penerus Bangsa Yang Peduli

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Menikmati Hidup itu Bersyukur

Bergerak Tumbuh Bersama

Bergerak Tumbuh Bersama

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

Berbuat Baiklah Karena Senyum Pun Ibadah

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

iklan Ucapan Kementrian Dalam Negeri

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

AWAS BAHAYA LATEN KORUPSI

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Kata Motifasi Koran Kontak Banten

Mau Kirim Tulisan Artikel Klik aja

TV KONTAK BANTEN

MOTO KAMI


Sekecil APAPUN Yang Anda Perbuat Akan Menjadikan Cermin Kami untuk Maju

BARCODE INFO KERJA KLIK

TV KONTAK BANTEN

Silakan Pesan Buku Catatan Kehidupan Ali

Berita Populer

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

Bergerak Kita Bangkit untuk Indonesia

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

BERIKAN SENYUM UNTUK MU INDONESIA

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

HARI KESETIAKAWANAN NASIONAL

iklan Ucapan isra Miraj 2022

iklan Ucapan isra Miraj 2022

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

AYO SELAMATKAN BUMI KITA

PRAJA MUDA JIWA MUDA

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

IKLAN UCAPAN HARI PERS 2022

PROMOSI BERSAMA

SELAMAT HUT BAWASLU REPUBLIK INDONESIA

BERGERAK DAN BERGERAK

Portal Kementrian Kemlu Indonesia

Seputar Parlemen

INFO KPK JAKARTA

INFO ICW NASIONAL KLIK

Salam Damai Untuk Indonesia

Koran Bahasa Ingeris

Layanan Kota Tangerang Selatan BPHTB

Kementrian

Susunan Redaksi

Kementrian PU

Support