SERANG – Masih banyaknya aduan tentang pelayanan
publik yang belum maksimal, Walikota Serang Syafrudin menegaskan bahwa
dirinya tidak akan pandang bulu mengganti Aparatur Sipil Negara (ASN)
yang tidak optimal.
Maka dari itu, dirinya meminta kepada para aparatur agar melakukan peningkatan pelayanan publik.
“Banyak keluhan dari masyarakat, terutama dalam pelayanan. Saya juga
tidak akan segan-segan akan mencopot bagi aparaturnya yang main-main
tentang pelayanan publik,” kata Syafrudin, Kamis (31/10/2019).
Dia mencontohkan beberapa pelayanan seperti pembuatan KTP dan
perizinan Surat Izin Usaha (SIUP). Menurutnya, jika ada kendala para
petugas harus menjelaskan kepada masyarakat.
“Seumpama ada pertanyaan-pertanyaan masyarakat (jelaskan) sebagai perbaikan untuk Kota Serang,” katanya.
Ia juga mengaku sering mendengar adanya keluhan dari masyarakat
terkait SIUP. Kata dia, perizinan yang semestinya cepat menjadi
terkendala karena birokrasi yang panjang. “Pembuatan SIUP yang
seharusnya seminggu kelar kadang-kadang lebih. Itu juga kendala bagi
Pemkot terutama dinas pelayanan penanaman modal dan terpadu,” katanya.
Sedangkan, terkait masih adanya informasi percaloan pada pelayanan,
lanjut dia, masyarakat bisa langsung mengadukan. “Kalau terbutki ada
calo dan bisa buktikan fotonya ada, orangnya jelas baik itu pejabat atau
pun non pejabat pasti akan saya tindak,” ujarnya.
Syafrudin mengaku tidak akan segan-segan menganti yang bersangkutan.
“Kalau itu memang jelas ada diperkuat data yang valid, saya kira kami
akan proses lewat inspektorat dan ada kemungkinan dicopot,” tuturnya.
Asda 1 Pemkot Serang Komarudin menambahkan, agar seluruh aparatur pada setiap OPD lebih memaksimalkan kinerja terkait pelayanan.
“Pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan, karena jangan sampai
masyarakat merasa kurang mendapat pelayanan secara baik,” ujarnya.
Pihaknya juga akan terus meningkatkan kapasitas SDM untuk pelayanan prima.
0 comments:
Post a Comment